Aktual, Independen dan Terpercaya


Jikalahari Imbau Masyarakat Jangan Berpangku Tangan pada Satgas Karhutla

Pemadaman-Kebakaran-Lahan.jpg
(TIMSATGAS KARHUTLA FOR RIAUONLINE.CO.ID)
ombudsman

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak berpangku tangan dan turut berupaya melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta tidak menyerahkan sepenuhnya kepada satgas karhutla.

 

Koordinator Jikalahari Woro Supartinah‎ mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan kegiatan preventif yang memang harus dilakukan sebagai warga negara. Masyarakat bisa terlibat dengan melakukan pengendalian karhutla di seluruh wilayah RI melalui kegiatan-kegiatan yang positif.

 

"Kegiatan itu meliputi pencegahan terjadinya kerhutla, pemadaman,‎ penanganan pasca kebakaran/pemulihan hutan dan lahan‎. Itu bisa dilakukan sebagai warga negara," ucap Woro, Jumat, 26 Agustus 2016.

Baca Juga: Jikalahari: Masyarakat Harus Dilibatkan Cegah Karhutla Riau

 

Selain itu, kata Woro, dibutuhkan kerja sama dengan pihak terkait dan saling berkoordinasi untuk melaksanakan pengendalian. "Dan yang terpenting yakni meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kepentingan untuk kegiatan pengendalian karhutla," tegasnya.

 

Bagi pihak pemangku kekuasaan, penegakan hukum yang tumpul ke bawah dan tajam ke atas segera dihapuskan. "Meningkatkan penegakan hukum dan memberikan sanksi tegas terhadap perorangan maupun badan hukum yang terlibat dengan kegiatan karhutla," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline