Aktual, Independen dan Terpercaya

Inilah Kata-kata Terakhir Pratu Wahyudi, Allahu Akbar, Allahu Akbar,

Pemadam-Padamkan-Api-di-Rimbo-Panjang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - ‎Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Itulah kata-kata terakhir Pratu Wahyudi, saat menyampaikannya kepada rekannya sesama anggota etasemen Artileri Pertahanan Udara Rudal-004 Dumai.

 

Pratu Wahyudi gugur dalam tugas negara saat melakukan pemadaman api di Desa Pujut, Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil‎). Ucapan itu disampaikan oleh Komandan Korem (Danrem) 031/WB, Brigjen TNI Nurendi, ketika baru saja tiba dari‎ Rohil menggunakan halicopter menuju Pekanbaru, Selasa, 23 Agustus 2016. 

 

‎"Komunikasi terakhir dengan dia (Almarhum) pada pukul 17.30 WIB, Kamis, 18 Agustus 2016. Saat itu, kami hanya mendengar Allahhu Akbar sebanyak tiga kali‎," kata Nurendi menirukan kata-kata terakhir Pratu Wahyudi, di ruang VIP Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

 

Baca Juga: Dua Prajurit Tewas dalam Misi Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

 

Ia menceritakan, pencarian terus digalakkan terutama di lokasi terakhir Pratu Wahyudi berada. "Waktu itu memang jarak pandang hanya berkisar 0-1 meter dan kami kehilangannya pada pukul 14.15 WIB, Kamis silam," ungkap jenderal bintang satu itu. 

 

Tidak mengenal waktu, tuturnya, tim masih terus mencari keberadaan prajurit ini. Hingga akhirnya ‎Selasa, 23 Agustus 2016, tidak jauh dari titik pertamakali menghilang Pratu Wahyudi akhirnya berhasil ditemukan.

 

"Setelah hilang, baru tadi jenazahnya setelah berulang kali kami sisir di lokasi berjarak 500 meter dari titik hilangnya itu. Hingga pada akhirnya pukul 11.40 WIB kami berhasil menemukannya," jelasnya.

 

Nurendi menceritakan bagaimana kondisi prajurit ini setelah ditemukan. Prajurit satu ini kondisi pakaiannya sudah tidak utuh lagi. "Kondisinya cukup memperhatinkan. Hanya tinggal kaus, baju sudah tidak jelas bentuknya. Celana yang dikenakannya sudah banyak yang terbakar," tutupnya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline