Aktual, Independen dan Terpercaya


Bukan Hanya Prambanan, 5 Candi Keren di Yogyakarta Ini Membuat Anda Terpukau

Candi-Ratu-Boko.jpg
RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA
CANDI Ratu Boko di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

RIAU ONLINE - Yogyakarta memang memiliki segalanya membuat para turis tidak pernah bosan menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisatanya. Mulai dari pantai-pantai cantik di kawasan Gunung Kidul, budaya kental ramah dan eksotis, kulinernya memanjakan lidah, hingga berbagai peninggalan sejarah ciamik bisa Anda jumpai di daerah ini.

 

Hanya saja, dengan tingginya animo masyarakat mengunjungi berjulukan Kota Pelajar ini, saat Anda mencari tiket online, harga tinggi cenderung ditemukan untuk penerbangan ke Bandara Adi Sucipto.

 

Namun tentunya, hal ini tidak menghalangi Anda tetap singgah di kota terkenal dengan gudegnya ini. Satu cara supaya mendapatkan tiket online murah ke Yogyakarta dengan mencarinya di Traveloka yang selalu memberikan harga jujur.

 

Alternatif lainnya, jika Anda berada di Pulau Jawa, Anda bisa kok mencari tiket kereta api untuk mencapai kota yang eksotis ini. Dari sejuta pilihan wisata yang ada di Yogyakarta, alangkah lebih baik Anda menentukan tema untuk liburan Anda. Bagi sudah menjajah barisan pantai cantik dan mencicipi berbagai penganan khas Yogyakarta.

 

Kini saatnya Anda mulai berpertualang ke candi-candi bertaburan di Yogyakarta, dijamin membuat Anda terkagum-kagum dan menyadari betapa kerennya kebudayaan sudah terpatri sejak dulu. Dengan menyusuri candi-candi keren di bawah ini, Anda akan menyadari bahwa bukan hanya Candi Prambanan yang bisa membuat Anda terperangah.

 

1. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Sudah menonton Ada Apa dengan Cinta 2? Anda pasti menyadari ada sebuah candi unik yang menjadi lokasi pertama jalan-jalan Cinta dan Rangga. Candi tersebut bernama Candi Ratu Boko, yang letaknya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan.

 

Candi ini sudah cukup terkenal di Yogyakarta, karena menyajikan kompleks percandian di kawasan perbukitan dengan hamparan rumput hijau mengesankan. Di dalamnya bukan hanya ada sebuah candi, melainkan Anda dapat melihat berbagai candi berbentuk ruangan.

 

Tidak perlu heran, karena disinyalir, Candi Ratu Boko merupakan sebuah istana pada masa silam. Saking cantiknya tempat ini, banyak orang menjadikan Candi Ratu Boko sebagai spot foto pre-wedding. Anda juga mau mencobanya?

 

2. Candi Ijo

Candi Ijo

Guna mencapai candi satu ini, Anda memang memerlukan usaha lumayan gigih. Selain harus berburu tiket online murah untuk mencapai Yogyakarta, Anda pun masih harus melewati jalanan perbukitan belum terbilang baik. Namun, semuanya akan terbayar begitu Anda sampai di kompleks Candi Ijo. Lokasi candi ini merupakan yang tertinggi di Yogyakarta.

 

Ada sebuah candi utama berisi menhir di kompleks ini serta tiga candi pendukung lainnya berukuran lebih kecil. Disinyalir, candi-candi ini dulunya berfungsi sebagai tempat ritual keagamaan. Dari Candi Ijo juga, Anda dapat melihat ring road Adi Sucipto yang menyala terang.

 

3. Candi Barong

Candi Barong

Berada di Desa Dusun Candisari berada di wilayah perbukitan, Anda tidak perlu lama guna mencapai Candi Barong, jika dari Candi Prambanan. Di kompleks percandian belum terlalu tenar ini, terdapat dua candi kembar disebut-sebut sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Wisnu dan Dewi Laksmi.

 

Datanglah pada sore hari ke Candi Barong, Anda akan mendapati pemandangan matahari yang turun ke peraduan melewati celah antara kedua candi utama kompleks percandian ini. Selain itu, dasar candi dari bebatuan juga memberikan kesan eksotis yang berlipat ganda sehingga Anda akan betah berlama-lama memandangi candi ini.

 

4. Candi Sambisari

Candi Sambisari

Kompleks percandian memakan waktu 21 tahun untuk penyusunannya ini tidak boleh Anda lewatkan jika mampir ke Yogyakarta. Kompleks percandian tersebut memiliki empat candi di dalamnya, terbagi menjadi satu candi utama dengan tiga candi pendukung lainnya.

 

Uniknya, jika dilihat dari kejauhan, puncak candi utama di Sambisari rata dengan permukaan tanah yang hijau. Hal tersebut karena kompleks percandian ini berada jauh di permukaan tanah sedalam 6,5 meter. Selain candi-candi keren yang diberi pagar batu seakan menyerupai benteng, dari kompleks percandian ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau di sekelilingnya yang memberikan rasa tenang dan nyaman.

 

5. Candi Kalasan

Candi Kalasan

Tidak jauh dari Candi Prambanan, ada sebuah candi unik bernama Kalasan. Berlokasi di Desa Tirtomartani, candi satu ini sebenarnya merupakan candi Buddha. Hal tersebut tampak jelas dari bentuk candi melebar dan stupa-stupa terdapat di sekelilingnya.

 

Namun, ada nuansa Hindu berbaur di dalamnya bisa Anda lihat dari bentuk gerbang hingga relief candi. Tidak perlu heran, akulturasi kedua kebudayaan tersebut terpampang jelas di Candi Kalasan karena pada mulanya, candi ini merupakan penghargaan atas pernikahan Pancapana dari Dinasti Sanjaya dengan seorang wanita cantik dari Dinasti Syailendra.

 

Fungsi utama Candi Kalasan pada mulanya adalah tempat pemujaan hingga berkembang menjadi biara untuk para biksu. Dan sekarang, Candi Kalasan merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang cukup populer di Yogyakarta.

 

Jadi semakin ingin hari liburan segera tiba bukan dengan melihat candi-candi yang keren di atas? Sabar dulu, liburan pasti akan segera tiba. Untuk menunggu waktu tersebut datang, alangkah lebih baik Anda mempersiapkan wisata dengan mencari tiket online sampai penginapan yang sesuai budget Anda supaya liburan Anda lebih nyaman dan tenang.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline