9 Makanan Sehat Ini Mengandung Unsur 'Mematikan' bagi Tubuh

ROTI.jpg
(DW.COM)

RIAU ONLINE - Tahukah Anda, ternyata beberapa makanan yang menyehatkan dapat membahayakan jika tidak diolah dengan benar.

 

Berikut beberapa makanan sehat yang mematikan, seperti dilansir dari DW, Selasa, 23 Agustus 2016.

 

1. Apel

Apel memiliki kandungan amygdalin pada bijinya yang kecil. Namun, bila bercampur enzim pencernaan dapat menghasilkan hidrogen sianida.

 

Hidrogen sianida dalam jumlah besar dapat membunuh orang dewasa. Jadi, saat saat makan apel sebaiknya jangan menelan bijinya.

Baca Juga: Selain Tambah Energi, Pisang Bisa Kontrol Emosi Anda

 

2. Kentang

Kentang yang sudah terlalu lama disimpan akan menimbulkan efek berbahaya jika dikonsumsi. Sebab, kentang yang sudah lama disimpan akan bertunas dan pada tunas tersebut mengandung glycoalkaloid yang beracun.

 

Kentang yang muda dan masih hijau juga berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi, karena terdapat kandungan solanin yang juga beracun.

 

3. Ikan Fugu

Di Jepang, ikan Fugu adalah hidangan mewah. Namun, butuh kecermatan dan ketelitian yang tinggi untuk mengolah ikan ini. Bahkan, seorang koki harus mengikuti program khusus untuk mendapatkan izin mengolah ikan Fugu. Sebab, pada hati ikan Fugu terdapat kandungan tetrodotoxin dengan kadar racun 1.200 kali leih tinggi dari sianida.

Klik Juga: Mau Nilai Rapor Anak Bagus? Rutinlah Beri Sarapan

 

4. Tomat

Sebaiknya pilihlah tomat yang sudah matang untuk dikonsumsi. Sebab, tomat muda yang masih berwarna hijau mangandung solanin. Jika Solanin masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan sakit kepala dan muntah-muntah.

 

5. Biji Pala

Biji Pala jika digunakan dalam jumlah kecil sebagai penyedap masakan memang tidak berbahaya. Tapi, jika penggunaannya melebihi 4 gram atau setara satu biji pala akan membahayakan.

 

Biji Pala mengandung elemicin yang menyebabkan rasa mual dan sakit kepala. Selain itu, terdapat pula kandungan myristicin dan safrole yang bisa menimbulkan halusinasi.

 

6. Almond

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah besar, terutama Almond yang tumbuh liar dapat menyebabkan keracunan karena kandungan sianida yang dimilikinya.

 

7. Singkong

Singkong mengandung linamarin dan lotaustralin. Kedua senyawa tersebut dapat berubah menjadi hidrogen sianida jika singkong dimakan mentah atau tidak dimasak dengan sempurna.

 

Keracunan hidrogen sianida pada tubuh dapat menyebabkan penyempitan kerongkongan, mual muntah dan sakit kepala. Kasus keracunan yang parah bahkan dapat menimbulkan kematian.

Lihat Juga: Bau Badan? Usir dengan 9 Ramuan Alami Ini

 

8. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, hindari penggunaan minyak Zaitun untuk menggoreng, sebab akan merubah makanan lezat mengandung racun.

 

Jika minyak zaitun dipanaskan lebih dari 180 derajat Celsius, zat yang terkandung di dalamnya akan berubah menjadi karsinogenik.

 

9. Roti

Roti mengandung banyak potassium bromat yang berbahaya dikarenakan adanya zat karsinogen. Dalam proses pembuatan roti bromat bisa berubah menjadi bromida, dan ini tidak menimbulkan bahaya. Tetapi jika zat ini tidak berubah dan tetap sebagai bromat, ini berbahaya dan dapat menyebabkan tumor.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline