Aktual, Independen dan Terpercaya


Sistem Resi Gudang Kelapa Inhil Permudah Pembiayaan

Minyak-Kelapa.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warehouse receipt (sistem resi gudang) tidak hanya dapat menguntungkan petani kelapa di Indragiri Hilir. Sistem resi gudang juga dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan.

 

Joko, Ekonom Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru mengatakan pemerintah juga perlu mengawal hal ini agar pihak kreditur dapat merealisasikan pembiayaan tanpa proses yang sulit.

 

"Sistem Resi gudang juga bisa mempermudah petani mendapatkan pembiayaan dari kreditur. Pemerintah harus mengkawalnya agar petani tidak sulit mendapatkan pembiayaan," kata Joko.

 

Joko menjelaskan kepastian jaminan dari pihak gudang tertentu yang telah disetujui oleh insitusi tertentu memberikan keyakinan bagi pihak bank untuk memberikan pinjaman atas jaminan resi gudang tersebut.

Baca Juga: Indragiri Hilir Gunakan Sistem Resi Gudang untuk Stabilkan Harga Kelapa

 

Sistem Resi gudang dapat digunakan untuk mendapatkan dana dengan repo dan sebagai aset acuan pada kontrak berjangka.

 

Joko mencontohkan, apabila terjadi cedera janji atas suatu kewajiban yang dijamin dengan resi gudang tersebut, misalnya pinjaman bank, maka pemegang resi gudang memiliki hak utama atas komoditas acuan atau nilai yang setara dengannya.

 

"Semoga sistem resi gudang itu dapat meningkatkan kesejahteraan petani kelapa dan menangkat perekonomian," kata Joko.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline