Aktual, Independen dan Terpercaya


Puluhan Wartawan Sampaikan Pernyataan Sikap Kecam Tindakan Arogan Oknum TNI AU

Wartawan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
ombudsman

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan wartawan menyampaikan lima butir pernyataan sikap terkait peristiwa upaya penganiayaan, pengancaman serta pembunuhan terhadap dua orang wartawan yang melakukan liputan peristiwa aksi massa di Medan, Sumatera Utara.

 

Penyataan sikap yang disampaikan perwakilan jurnalis, Satria langsung diterima oleh Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI AU Henri Alfiandi.

 

‎Butir pertama, para jurnalis mengecam oknum Paskhas TNI AU pada saat itu bertugas yang main hakim sendiri, arogan dan sewenang-wenang terhadap wartawan yang tengah menjalankan tugas jusnalistik.

 

‎"Mengecam aksi oknum TNI AU ‎Lanud Suwondo Medan yang melakukan tindakan arogan dan sewenang-wenang berupa pemukulan, penganiayaan, intimidasi dan pengancaman terhadap wartawan yang menjalankan tugas jurnalistik," tulisnya, Selasa, 16 Agustus 2016.

 

Pernyataan Sikap

RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA

Suasana penyerahan lembaran sikap solidaritas oleh puluhan perwakilan jurnalis yang ada di Pekanbaru oleh Marsma Hendri Alfiandi.

 

Butir kedua, para oknum TNI tersebut harus ditindak tegas sesuai‎ dengan Undang-Undang Mahkamah Militer. "Meminta panglima TNI mengambil tindakan tegas, mengusut dan membawa para pelaku kekerasan ke mahkamah militer untuk diberikan aksi hukum sesuai undang-undang yang berlaku,"tambahnya.

 

Butir ketiga, meminta Panglima TNI mencopot Danlanud Suwondo yang dinilai gagal memimpin kesatuannya dan menjaga marwah TNI AU sebagai pengayom dan pelindung rakyat‎.

 

Keempat, mendesak TNI AU merombak pola pendidikan yang diterapkan kepada para prajurit yang mengedepankan pola kekerasan dalam menyelesaikan masalah.

 

Kelima, ‎mendesak TNI AU mengedukasi jajarannya untuk menghormati pekerjaan para wartawan yang melakukan peliputan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pers No 40 tahun 1999.

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID aksi pernyataan sikap itu diterima langsung oleh Danlanud Roesmin Nurjadin dan mengatakan akan langsung menyampaikan perihal pernyataan sikap para wartawan kepada atasannya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline