Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah Tiga Bakal Calon Perseorangan Telah Mendaftar ke KPU Pekanbaru

Logo-KPU.jpg
(INTERNET)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tiga pasangan calon dari jalur perseorangan (Independen) resmi telah mendaftarkan diri beserta jumlah foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru yang ditutup, Kamis, 11 Agustus 2016, dini hari. 

 

Ketiga pasangan calon independen tersebut, antara lain Dr Syahril berpasangan dengan Said Zohrin dengan 52 ribu dukungan KTP, disusul Ali Syahbana-Kender 83 ribu KTP serta Herman Nazar dan Devi Warman 50.800 dukungan KTP. 

 

"Setelah Syahril dan Said menyerahkan syarat minimal dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) 52 ribu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru, 6 Agustus 2016‎ silam, di hari terakhir 10 Agustus 2016 bertambah lagi dua pasang bakal calon (balon) lainnya," kata Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Organisasi, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis. 

 

Baca Juga: Ini Beda Pilkada di Indonesia dan Amerika

 

Pasangan calon perseorangan baru bisa menyandang status Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru harus memiliki dukungan KTP sebanyak 47.040. Ini sesuai dengan syarat minimal 7,5 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar di KPU Pekanbaru berdasarkan Pemilihan Presiden 2014 silam, 627.212 suara. 

 

Dengan ditutupnya syarat penyerahan penerimaan dukungan ‎tersebut, untuk selanjutnya KPU Kota Pekanbaru akan memproses dan memverifikasi data dukungan telah diserahkan dari masing-masing balon hingga 20 Agustus 2016 mendatang.

 

Untuk Riau, Pekanbaru dan Kampar menyelenggarakan Pilkada secara serentak pada 15 Februari 2017 mendatang bersamaan dengan kabupaten, kota dan provinsi di seluruh Indonesia.

 

Klik Juga: Noviwaldy Jusman Mundur Balon, Pengamat Politik: Patut Ditiru

 

Sebelumnya, sembilan dari 12 kabupaten dan kota di Riau, sudah melaksanakan pilkada serentak awal Desember 2015 lalu.



Saat ini tahapan bagi peserta masih pada penjaringan untuk partai politik. Pendaftaran bagi pasangan calon dari partai 19-21 September 2016. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline