Aktual, Independen dan Terpercaya


Kebakaran Hutan dan Lahan Meluas Hingga 5 Kabupaten di Riau

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Riau terus meluas. Laporan Satgas Udara Karhutla Riau menyebutkan setidaknya kebakaran terjadi lima kabupaten yakni Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, dan Bengkalis.

 

Dari seluruh wilayah terbakar, Pelalawan merupakan kabupaten baru yang terpantau titik api pada Senin, 8 Agustus 2016, hari ini.

 

Guna menanggulangi Karhutla di wilayah tersebut, Satgas Udara mengerahkan dua unit helikopter dan pesawat "Air Tractor" (AT) pengebom air.



"Berdasar patroli dan informasi di lapangan, kebakaran hari ini terjadi di lima kabupaten yakni Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar dan Pelalawan," kata anggota Satgas Udara Karhutla Riau, Lettu Sherif Yanuardi.

Baca Juga: BNBP Kembali Kirim 2 Helikopter Atasi Karhutla Riau



Dia menjelaskan seluruh pesawat dan helikopter telah diterbangkan sejak pagi tadi dan menyebar ke sejumlah lokasi tersebut.



Di Bengkalis, lanjutnya, pengeboman air masih melanjutkan di wilayah Tasik Serai yang terbakar sejak 4 hari terakhir.



Selain Bengkalis, Satgas juga melanjutkan pemadaman di sejumlah lokasi seperti Kecamatan Bangko dan Ujung Tanjung-Rokan Hilir, Rokan IV Koto-Rokan Hulu dan Kampar Kiri Hulu-Kampar.

Klik Juga: Marissa Haque Singgung SP3 Polda Riau Soal Perusahaan Pembakar Lahan 



Sementara itu, untuk pemadaman hari ini terdapat satu lokasi baru yang terbakar di Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan.

 

Berdasarkan foto yang dirilis tim Satgas Udara Karhutla Riau, mayoritas lokasi kebakaran merupakan lahan perkebunan. Titik-titik api menyebabkan asap mengepul ke udara. Selain mengerahkan helikopter dan pesawat, tim darat gabungan juga bergerak ke lokasi kebakaran.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline