Aktual, Independen dan Terpercaya


BNBP Kembali Kirim 2 Helikopter Atasi Karhutla Riau

Karhutla.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUSILO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mengirim dua unit helikopter pengebom air jenis Bell 214 untuk memperkuat upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

 

Kedua Heli yang nantinya selain untuk memaksimalkan penanggulangan Karhutla melalui pengeboman air juga akan digunakan untuk patroli keberadaan titik api.

 

Kepada BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan kedua heli tersebut telah berada di Riau sejak Minggu, 7 Agustus 2016, kemarin.

Baca Juga: Marissa Haque Singgung SP3 Polda Riau Soal Perusahaan Pembakar Lahan 

 

"Dua Heli Bell 214 sudah dikirim BNPB ke Riau. Mudah-mudahan penanganan Karhutla semakin baik dan maksimal," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Senin, 8 Agustus 2016.



Ia mengatakan dengan datangnya dua unit heli tersebut, praktis saat ini Satuan tugas (Satgas) Karhutla Riau memiliki enam armada.



Sebelumnya, Riau telah memiliki dua unit Helikopter pengebom air jenis MI-171 dan Sikorsky serta dua pesawat Air Tractor. Selain itu, juga terdapat pesawat Cassa yang diperbantukan BPPT untuk melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Klik Juga: Hebat, Guinea Ingin Miliki Pesawat Buatan Anak Negeri



Menurut Edwar, dengan datangnya dua heli tersebut, selain memaksimalkan penanggulangan Karhutla, juga bertujuan untuk menguatkan upaya pencegahan karena Riau diprediksi akan terus segera mengalami puncak musim kemarau menjelang September 2016 mendatang.



Ia menyangkal jika kedua heli tersebut dikirim ke Riau karena wilayah tersebut mengalami kebakaran parah. "Justru saat ini Riau cukup aman. Untuk pertama kalinya dalam 18 tahun kita berhasil mengatasi asap. Ini yang coba kita jaga dan tingkatkan," tegasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline