Bau Badan? Usir dengan 9 Ramuan Alami Ini

ILUSTRASI-Bau-Badan.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Bau badan dapat menggerogoti rasa nyaman dan rasa percaya diri. Banyak cara untuk mengusir bau badan, di antaranya dengan penggunaan deodoran.

 

Namun, tahukah anda? banyak ramuan yang bisa diperoleh dari dapur untuk menghilangkan bau badan, seperti dilansir dari KlikDokter.com, Jumat, 29 Juli 2016.

 

1. Daun beluntas (Pluchea indica)

 

Daun Beluntas adalah tanaman berbau langu dan terasa getir. Biasanya, untuk menghilangkan bau badan, daun beluntas dijadikan lalap mentah atau dikukus terlebih dulu.

 

Jika tidak suka, Anda bisa meminum air rebusannya setiap pagi dan sore. Dengan rutin menyantap atau meminum air rebusannya niscaya bau badan akan hilang.

 

2. Daun Kemangi (Ocimun bassilicum)

 

Daun Kemangi dipercaya menghilangkan bau badan, karena mengandung minyak atsiri. Caranya, dapat dikonsumsi sebagai lalap mentah atau sayuran urap.

 

Atau, haluskan daun, biji, dan akar kemangi, lalu seduh dengan air panas, saring, dan ditambahkan gula aren. Minum 2 kali sehari, pagi dan malam.

 

3. Rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

 

Temulawak mengandung sapomin, Flavoinoida, dan minyak atsiri yang dapat mengusir bau badan. Caranya, minum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong-potong halus.

 

Air perasan temulawak yang sudah diparut dengan tambahan sedikit madu juga dapat diminum untuk menghilangkan bau tak sedap. Untuk mendapatkan hasil maksilam, balurkan parutan temulawak ke seluruh badan, lalu didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan.

 

4. Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa)

 

Tanaman ini memiliki zat aktif yang dapat menghilangkan bau badan, yakni sapomin, flavoinoida, dan polifenol. Kecombrang dapat dimanfaatkan dengan memasak daun muda dan bunganya sebagai teman makan nasi. Bunga kecombrang dapat dimasak sebagai campuran sayur lodeh atau gulai.

 

5. Jeruk Purut (Citrus bystrix)

 

Kulit jeruk purut mengandung minyak atsiri yang berbau harum sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersama-sama dengan air secukupnya.

 

6. Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)

 

Jeruk nipis juga mengandung minyak atsiri. Caranya, 1 buah jeruk nipis, diperas, ambil airnya, campur dengan 1/2 sendok teh kapur sirih, aduk rata. Gosokkan ke bagian tertentu seperti ketiak setelah mandi. Diamkan sesaat hingga kering, kemudian baru menggunakan pakaian.

 

7. Jahe (Zingiber officinale)

 

Menurut Pen Chao Cing, Kaisar Shen Nong di daratan China (3000 SM), jahe segar dapat menghilangkan bau badan dan mendekatkannya kepada aura spiritual. Wedang jahe yang dikonsumsi secara teratur bisa jadi membantu mengatasi masalah bau badan.

 

8. Mentimun (Cucumis sativus)

 

Timun atau mentimun yang kaya akan air ini mengandung kalsium, zat besi, magnesium. Mengonsumsi buah timun sangat terasa menyegarkan. Selain berkhasiat menurunkan demam, timun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

 

Caranya, cuci bersih satu buah mentimun muda, iris tipis, lalu oleskan atau gosokkan pada bagian badan yang berbau. Atau, parut mentimun, lalu kompres bagian ketiak dengan parutan tersebut. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, kemudian angkat. Lakukan hal ini setelah mandi.

 

9. Cengkih (Eugenia aromatica)

 

Rendam beberapa kuntum bunga cengkih dalam air hangat sehingga mengembang, lalu dinginkan, dan minum airnya. Lakukan secara teratur pagi dan sore, niscaya bau badan akan segera menghilang.

 

Selain itu, air rebusan beberapa kuntum cengkih dengan gula merah, dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan di kala hujan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline