Aktual, Independen dan Terpercaya

Inilah 7 Momen Menarik Hingga Tragedi Mengejutkan di MotoGP 2016

Motor-Rossi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - MotoGP 2016 telah melewati sembilan seri balapan. Sejumlah tragedi dan momen menarik turut mewarnai.

 

Pertarungan antara Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez dalam memperebutkan gelar juara menjadi topik utama.

 

Lalu, momen dan tragedi apa saja yang terjadi sepanjang MotoGP 2016? Berikut tujuh momen krusial yang RIAUONLINE.Co.ID lansir dari CNNIndonesia.com.

 

1. Rusaknya Mesin Tunggangan Rossi

 

Selama sembilan tahun sejak terakhir kali di GP San Marino, 2007 silam, Valentino Rossi tidak pernah mengalami masalah dengan tunggangannya.

 

Namun, pada GP Italia Valentino gagal menyentuh garis finis setelah motornya mengalami kerusakan mesin.

BACA JUGA: Masyaallah, Pebalap Muslim Juara Moto3 GP Jerman Ini Hindari Perayaan Siram Bir

 

2. Tragedi Salom

 

Pagelaran GP Katalonia diselimuti duka, usai pebalap Moto2, Luis Salom mengalami kecelakaan fatal yang merenggut nyawanya saat sesi latihan bebas kedua.

 

Salom kehilangan kendali atas motornya saat di tikungan 12 dan meluncur hingga menabrak pembatas. Insiden ini membuat otoritas balapan memutuskan untuk mengubah jalur lintasan balap ketika balapan berlangsung.

 

3. Saat Rossi Menjabat Tangan Marquez

 

Insiden 'tendangan' Rossi terhadap Marquez yang terjadi ditengah balapan musim lalu membuat rivalitas dan tensi antara keduanya semakin meruncing.

 

Namun, semua itu berakhir setelah Rossi menjabat tangan Marquez, saat Rossi jadi juara dan Marquez duduk di posisi kedua di GP Katalonia, mengakhiri pekan penuh drama di Sirkuit Katalonia.

 

4. Kejutan dari Pebalap Non-Pabrikan

 

Jack Miller, nama yang mungkin tak pernah diprediksi akan menjadi pebalap yang memenangkan seri balapan MotoGP musim ini.

 

Namun, pebalap non-pabrikan itu mampu menciptakan kejutan dengan menjadi yang tercepat di GP Belanda, sekaligus menjadi pebalap non-pabrikan pertama yang menjuarai seri MotoGP sejak 2006 silam.

 

Kejayaan Miller di GP Assen tak lepas dari banyaknya pebalap yang terjatuh lantaran tak mampu mengatasi situasi lintasan yang licin karena hujan.

 

5. Ianonne Si Tukang Tabrak

 

Andrea Ianone adalah pebalap yang mencatat prestasi buruk di MotoGP 2016. Pasalnya, ia telah dua kali menabrak pebalap lain hingga terjatuh.

 

Pada balapan di GP Argentina, Iannone menabrak rekannya sendiri, Andrea Dovizioso, dan kemudian hal tersebut berlanjut saat pebalap Italia itu menjatuhkan Jorge Lorenzo di GP Katalonia.

KLIK JUGA: Kalah Lagi, Rossi: Masih Ada Setengah Kompetisi Lagi

 

6. Marquez 'Curi' Skuter Milik Wartawan

 

Marquez bisa saja memperoleh hasil kualifikasi yang buruk usai mengalami kecelakaan di sesi kualifikasi GP Belanda, jika ia tak berpikir cepat dan 'mencuri' skuter yang ada di pinggir lapangan milik seorang wartawan.

 

Melihat ada skuter dengan kunci masih tergantung, Marquez lantas meminjam motor milik Tino Martino sehingga bisa cepat kembali ke paddock untuk mengganti motor baru. Marquez pun akhirnya mampu start di posisi keempat.

LIHAT JUGA: Marquez: Saya Bukan Pebalap Tercepat

 

7. Kecelakaan Sinkron Marquez-Dovizioso

 

Momen unik juga terjadi di GP Perancis. Dua pebalap terjatuh di tikungan yang sama pada saat yang bersamaan dan gerakan yang serupa meski tidak pernah saling bersentuhan.

 

Dovizioso dan Marquez yang masuk ke tikungan ketujuh terjatuh berbarengan dengan gaya yang serupa membuat insiden itu menjadi satu hal yang masih diingat penggemar MotoGP dari paruh pertama balapan musim ini.

 

Simak berita MotoGP lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline