Aktual, Independen dan Terpercaya


Warga Pekanbaru Berhamburan Keluar Rumah dengar Suara Ledakan Pesawat F16

F-16-TNI-AU.jpg
(DISPENAU/PEN LANUD RANAI/ANGKASA)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bommmmm... Suara ledakan memecahkan konsentrasi warga Pekanbaru, Senin, 18 Juli 2016. Sekitar pukul 14.15 WIB.

 

Antarawarga saling bertanya-tanya, suara apakah gerangan sehingga membuat rumah dan kata-kata bergetar seakan-akan gempa bumi.

 

Muharamin, warga Pekanbaru, mengatakan, Kantor tempatnya bekerja bergetar, dan berhamburan seluruh karyawan dari ruangan. "Kami kira ada gempa. Tadi saya coba cari tahu ke kawan2 lainnya, mereka tak tahu, suara apa itu," katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Operasi Pangkalan Udara (Kamis Ops) mengatakan, suara ledakan yang membahana merupakan tes penerbangan pesawat F-16.

 

Baca Juga: Sejak Diresmikan 2014 Silam, F16 Sudah Dua Kali Kejutkan Warga Riau

 

"Kami infokan bunyi tadi bersamaan sedang dilaksanakannya test flight pesawat F 16 di atas aerodrome kita. Demikian, terima kasih," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin kepada RIAUONLINE.CO.ID.

 

Aerodrome adalah kawasan di tanah atau air tertentu (termasuk setiap bangunan, instalasi-instalasi dan peralatan) yang dimaksudkan untuk digunakan seluruh maupun sebagian untuk pendaratan, keberangkatan dan pergerakan pesawat udara di permukaannya.

 

Pesawat terbang supersonik atau pesawat supersonik adalah pesawat terbang yang dirancang untuk melebihi kecepatan suara setidaknya dalam beberapa konfigurasi penerbangan normal. Sebagian besar pesawat supersonik saat ini adalah pesawat militer atau eksperimental.

 

Lihat Juga: Ternyata, Pesawat F16 Yang Hebohkan Warga Pekanbaru Hibah dari Amerika

 

"F-16 kan pesawat super sonic mampu terbang 2 kali kecepatan suara. Jadi itu suara karena sock wave, gelombang kejut, akibatnya pesawat menembus kecepatan suara, " ujar Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma Henri Alfiandi.

 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline