Rossi Ngamuk ke Michelin, Ada Apa?

Rossi-jatuh.jpg
(CRASH)
ombudsman

RIAU ONLINEBergugurannya para pebalap yang berlomba pada Seri MotoGP Assen, Belanda, dua pekan lalu, berdampak terhadap nada protes para riders terhadap produsen ban kelas dunia, Michelin. 

 

Tak terkecuali pebalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Rossi ketika itu sudah memimpin baik sebelum maupun sesudah hujan lebat yang mengguyur membasahi sirkuit. 

 

Tapi apa hendak dikata, saat memimpin dan tinggal berapa lap lagi, ia terjatuh sendiri dan terpaksa harus meninggalkan arena pacuan. Tak ayal, The Doctor bermuram durja mukanya usai insiden yang akhir menempatkan pebalap Australia, Jack Miller. 

 

Baca Juga: Inilah Kegelisahan Valentino Rossi Jelang MotoGP Jerman

 

Rossi beranggapan, sirkuit yang basah saat hujan turun mengguyur deras menjadi faktor penyebab banyaknya pebalap berjatuh tak mampu meneruskan balapan.

 

Dilansir Motorsport, Rossi menyebutkan, ban basah dibuat Michelin mempunyai performa kurang maksimal. Ban tersebut memiliki daya cengkram yang kuat di belakang, namun di depan, cengkramannya lemah. 

 

Rossi Termenung Usai Jatuh di Assen

MOTOSPORT

PEBALAP Italia membela Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, duduk termenung meratapi nasib gagal melanjutkan perlombaan pada GP Assen, Belanda, Minggu, 26 Juni 2016.

 

Performa ban seperti itu, ujarnya, jelas sangat merugikan pebalap. Pasalnya, apa diinginkan mereka adalah ban Michelin bagian depan mampu menampilkan performa berupa kekuatan cengkeraman lebih besar daripada ban belakang.

 

“Kami (para pebalap) sudah terbiasa memberikan tekanan lebih pada ban depan. Karena itulah kenapa ketika kami melakukan hal tersebut pada ban produk Michelin, hasilnya kurang maksimal. Pasalnya ban tidak dapat bekerja dengan baik," kata pebalap asal Italia tersebut.

 

Klik Juga: Malaysia Anggap Remeh Indonesia Mampu Jadi Tuan Rumah MotoGP

 

Jelang Grand Prix Jerman, pekan ini, Rossi berharap ia mampu naik podium guna merengkuh Juara Dunia ke-10 selama ia berkarir di MotoGF. 

 

Hingga GP Assen, Belanda, Rossi berada di posisi ketiga klasemen sementara berselisih 42 poin dari Marc Marquez, di posisi pertama dengan 145 poin. Sedangkan Rossi terpaut 18 poin dengan Pedrosa yang berada di posisi ke dua Klasemen sementara MotoGP 2016.

 

Simak berita MotoGP lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline