Aktual, Independen dan Terpercaya


Cegah Kejahatan, Polisi Akan Lebih Dekat dengan Warga Pekanbaru

Polresta-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jika kita memperhatikan, dalam beberapa minggu terakhir setiap Kamis Polri menggelar apel di tengah pusat aktifitas masyarakat, seperti Kantor Lurah, Camat bahkan di daerah rawan kejahatan. Apel itu merupakan apel Fungsi yang sudah berjalan dalam beberapa minggu terakhir.

 

Kapolresta Pekanbaru AKBP Tony Hermawan menjelaskan, dengan diberlakukannya Apel Fungsi agar kedekatan Polri dengan masyarakat lebih terjalin.

 

"Apel fungsi ini merupakan program untuk memaksimalkan keberadan Polri ditengah masyarakat dengan tujuan untuk pencegahan," ucapnya di loby Polresta Pekanbaru, Kamis, 14 Juli 2016.

 

Selain itu, Tony mengatakan keberadaan polisi di sekitar masyarakat akan memberikan rasa aman bagi masyarakat. "Kalau ada Polisi di sekitar masyarakat tentu mereka yang hendak berbuat kriminal akan berpikir 1000 kali tentunya. Kemudian memberikan rasa aman bagi masyarakat," tambahnya.

 

Tony berharap seluruh jajarannya dapat terus bergerak melayani masyarakat. Bukan hanya Sabhara, tetapi semuanya akan melakukan Apel di luar kantor Polresta Pekanbaru, Jalan Ahmad Yani.

 

"Misalnya Sabhara apel di Kantor Lurah, Binmas di pergudangan bersama Satpam, Narkoba di Kampung Dalam. Semuanya itu sesuai dengan tingkat kerawanannya," imbuhnya.

 

Selanjutnya, kata dia, akan menurunkan lebih banyak anggotanya untuk lebih dekat dengan masyarakat.

 

‎"Untuk kedepannya saya akan memploting semuanya. Dari 1300 anggota minimal separohnya akan turun. Termasuk staf yang tidak pernah berurusan dengan masyarakat. Mereka kan bisa membantu menyebrangkan anak-anak yang bersekolah," tambahnya.

 

Apel Fungsi dilaksanakan mulai pukul 7.30 WIB sampai 8.15 WIB. Polisi akan turun ke jalan dan menyebar menuju titik-titik rawan kejahatan yang ada di Pekanbaru.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline