Penyeberangan Mudik Bermasalah, PT ASDP Dumai Tidak Profesional

Pelabuhan-Sui-Duku.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/MIFTAHUR RIZQI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Perhubungan Provinsi Riau berang atas kinerja PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang ada di pelabuhan Kota Dumai. Perusahaan tersebut dianggap tidak profesional. 

 

Tidak profesionalnya PT ASDP dinilai Kepala Dishub Provinsi Riau, Rahmad Rahim karena buruknya manajemen waktu peremajaan kapal Roro ASDP sehingga tak bisa mengangkut para pemudik menuju Rupat secara maksimal.

 

"Karena ada satu kapal roro yang diganti maka hanya dua yang bisa dipakai dan digunakan untuk angkutan jalan. Ini sangat merugikan semua orang termasuk penumpang yang mengantri dan kapten kapal," kata Rahmad, Selasa, 12 Juli 2016.

 

Docking atau penggantian kapal Roro harusnya dilakukan jauh-jauh hari sebelum lebaran. Jadwalnya, docking kapal harus dilakukan setahun sekali untuk merawat dan memastikan kapal beroperasi dalam kondisi yang baik. (KLIK: Runway Baru Bandara SSK II Bisa Digunakan Awal Tahun Depan)

 

Namun kemarahan Rahmad disebabkan jadwal docking dilakukan ketika puncak lebaran sehingga kapal angkutan tak maksimal mengangkut penumpang. Hal itu juga membuat kapten kapal bekerja hingga tengah malam untuk mengantar penumpang ke seberang.

 

"Kenapa harus pas dihari puncak docking dilakukan? Mereka pastinya sudah tahu kalau sekali docking akan memakan waktu lama," imbuhnya.

 

Sebagai wujud kekecewaannya, Kadishub Riau ini akan melayangkan surat teguran kepada PT ASDP Dumai supaya hak ini saat diperbaiki untuk waktu yang mendatang. Karena hal tersebut, pemerintah dianggap tak siap mempersiapkan saran mudik lebaran tahun 2016 ini.

 

"Saya akan tegur. Ini sangat tidak profesional, kalau tak mampu ya hengkang saja dari Riau," tegas Rahmad.