Aktual, Independen dan Terpercaya


Pemprov Riau dan KemenLHK Gelar Rapat Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi

Jokowi-Jalan-jalan-ke-RImbo-Panjang.jpg
RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO
PRESIDEN Joko Widodo saat melihat-lihat lahan gambut yang sudah terbakar dan berhasil dipadamkan di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Jumat (9/10/2015).

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya bersama Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengelar rapat persiapan kunjungan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Siak pada peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2016.

 

Rapat diadakan di Jakarta dengan dihadiri oleh Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono, Bupati Siak Syamsuar, Komandan Korem 031/ Wirabima Brigjen TNI Nurendi, Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto dan pejabat terkait lainnya.

 

"Rapat digelar untuk menbicarakan teknis kedatangan Pak Presiden yang rencananya hadir pada perayaan Hari lingkungan hidup sedunia pada 23 Juli 2016 mendatang. Pak Gubernur dan Bupati Siak langsung hadir," kata Kepala Biro Humas Pemprov Riau, Darusman, Selasa, 12 Juli 2016.

 

Darusman mengungkapkan selain menghadiri peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Presiden Jokowi sekaligus akan melakukan peluncuran Taman Nasional Zamrud yang telah direncanakan sejak lama.

 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaui Surat Keputusan (SK) Nomor 350/MenLHK/Setjen/OLA/5/2016 pada Rabu, 4 Mei 2016 lalu telah menetapkan perubahan fungsi suaka margasatwa danau pulau besar/danau bawah dan hutan produksi Tasik Serkap menjadi Taman Nasional Zamrud.

 

Tema peringatan tahun ini adalah memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Tema ini diwujudkan dalam sebuah slogan, Go Wild for Life. "Tujuannya berangkat dari bentuk keprihatinan kita karena perdagangan ilegal satwa liar telah merusak keanekaragaman hayati di bumi, dan mengancam kelangsungan hidup berbagai spesies yang telah langka dan terancam punah," jelasnya.

 

Hari Lingkungan Hidup atau World Environment Day (WED) merupakan salah satu kampanye global terbesar terkait pelestarian lingkungan hidup. WED bertujuan untuk menginspirasi setiap orang di bumi untuk mengambil tindakan dalam melestarikan lingkungan hidup.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline