Lagi, 17 Titik Api Terpantau di Riau

Karhutla-di-Kawasan-TNTN.jpg
(TIMSATGAS KARHUTLA FOR RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Riau kembali dilanda kebakaran hutan dan lahan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan 17 titik api yang terpantau di provinsi the homeland of melayu ini.

 

Riau juga menyumbang titik panas terbanyak di Sumatera dengan 28 titik dari 68 titik panas di pulau barat Indonesia yang umumnya ditanami gambut itu.

 

Titik panas ditemukan di provinsi lain yaitu di Sumatera Utara dengan sebaran 10 titik, Sumatera Selatan 9 titik, Nangroe Aceh Darussalam 5 titik, Jambi 5 titik, Bangka Belitung 4 titik, Bengkulu dan Sumatera Barat masing-masing 2 titik.

BACA JUGA: 50 Hektar Lahan Terbakar di Bungaraya Milik Masyarakat dan Perusahaan

 

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Sugarin mengatakan titik api itu paling banyak ditemukan di Kabupaten Rokan Hilir dengan sebaran 12 titik api.

 

"Selain itu, titik api ditemukan 2 di Kabupaten Kampar, 2 di Bengkalis dan 1 titik di Dumai," katanya, Selasa 12 Juli 2016.

 

Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan melakukan pemadaman yang difokuskan di Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir. Pemadaman di lakukan dari udara dengan melakukan water boombing menggunakan satu unit pesawat air tractor.

KLIK JUGA: Inilah Cerita Tim Satgas Tetap Padamkan Api saat Lebaran

 

"Ada puluhan hektare lahan yang terbakar di daerah itu," kata Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma Hendri Alfiandi.

 

Hendri mengatakan tidak menutupkemungkinan lahan tersebut sengaja dibakar. Selain pemadaman, tim satgas juga akan menangkap tangan pelaku kebakaran dan menyerahkannya kepada polisi.

 

Simak berita Pekanbaru Kota Sampah lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline