Aktual, Independen dan Terpercaya


Salahkan Warga Membakar, PT SRL Akui HTI Mereka Terbakar

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di Bangko Pusako Rokan Hilir meliputi 40 hektar lahan Hutan Tanaman Industri PT Sumatra Riang Lestari (APRIL Group).

 

Humas PT SRL Abdul Hadi mengatakan kebakaran hutan dan lahan itu terjadi di perkebunan sawit milik warga setempat. Hadi mengungkapkan lahan tersebut adalah kawasan HTI PT SRL yang digarap masyarakat setempat, beberapa tahun yang lalu.

 

"Memang kebakaran itu di areal HTI PT SRL. Namun, lahan yang terbakaran itu adalah kebun sawit milik warga yang digarap di lahan HTI," katanya, saat dikonfirmasi, Sabtu, 2 Juni 2016.

BACA JUGA: Usai Terbakar, 40 Hektar Lahan PT SRL Disegel Paskhas dan Polisi

 

Hadi mengungkapkan Tim Pemadam PT SRL juga sudah diturunkan untuk memadamkan api di lokasi tersebut. "Api perlahan sudah mulai padam," ungkapnya.

 

Sebelumnya, tim Satgas Karhutla menyegel areal tersebut. Penyegelan dilakukan usai wilayah tersebut habis terbakar beberapa hari lalu. Tim Satgas udara menemukan kebenaran yang terjadi di lahan tersebut merupakan akibat dari upaya kesengajaan.

KLIK JUGA: Dalam Sepekan, Lahan Perusahaan Ini Terbakar Seluas 60 Hektar

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger menuturkan penyegelan dilakukan untuk memberikan efek jera pada para pembakar lahan yang setiap tahun menjadi sebab utama bencana asap Riau.

 

"Penyegelan kita lakukan bersama Paskhas dan Kepolisian untuk mengawal dan mematok koordinat yang disegel," kata Edwar.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline