Belum Ajukan Nama Wakilnya, Andi Rachman: Ya, Tunggu Saja

Pelantikan-Andi-Rachman-sebagai-Gubernur-Riau.jpg
(HUMAS PEMRPROV RIAU UNTUK RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto mengatakan menyerahkan sepenuhnya urusan wakil gubernur Riau yang akan mendampingi Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, kepada pihak DPD I Golkar Riau.

 

"Kita sudah menyerahkannya kepada pihak DPD I Riau," ujar singkat Setya Novanto kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 21 Juni 2016 lalu ketika melantik kepengurusan DPD I Riau Partai Golkar.

 

Sementara itu, Gubernur Riau yang akrab disapa Andi Rachman yang juga merupakan Ketua DPD I Riau Partai Golkar mengatakan hingga kini belum mengajukan nama kepada pihak DPRD Riau. "Ya kita tunggu saja. Akan kita ajukan," ujar singkat Andi usai pimpin Musrembang RPJPD Riau, Rabu, 22 Juni 2016.

 

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Noviwaldy Jusman membenarkan bahwa hingga kini Andi belum juga mengajukan nama kandidat wakil gubernur kepada DPRD atas nama partai Golkar yang ia pimpin kini.

BACA JUGA: Gubernur Andi Larang PNS Terima Parsel

 

Pelantikan dan pengambilan sumpahnya sebagai Gubernur Riau defenitif dilakukan sejak Rabu, 25 Mei 2016 lalu. Artinya sudah hampir satu bulan lamanya Andi belum mengajukan nama kepada DPRD Riau. Padahal menurut Peraturan Pemerintah Nomor 102 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengusulan dan Pengangkatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan WakilWalikota kepala daerah yang dilantik hanya diberikan waktu untuk mengajukan nama wakilnya maksimal 15 hari setelah dirinya dilantik kepada DPRD.

 

"Sampai sekarang memang belum ada diajukan dan kita masih menunggu untuk diajukan," tutur Noviwaldy ketika dikonfirmasi melalui pesan pendek.

 

Menurutnya keterlambatan ini akan sangat berdampak kepada jalannya pemerintahan eksekutif. "Implikasinya sangat banyak karena keterlambatan ini. Wagub bertindak sebagai leader dalam pemberantasan narkotika dan memimpin masalah karhutla serta percepatan pembangunan sebagai wakil gubernur," terang politisi asal fraksi Demokrat ini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline