Aktual, Independen dan Terpercaya


Bank Riau Kepri akan Salurkan KUR Rp250 Miliar

Potong-Tumpeng.jpg
(HUMAS BANK RIAUKEPRI untuk RIAUONLINE.CO.ID)
RIAUONLINE, PEKANBARU -  Bank Riau Kepri resmi ditunjuk menjadi bank daerah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR). BUMD Riau itu menyiapkan dana Rp250 miliar untuk penyaluran KUR tahun ini. 
 
 
"Terpilihnya Bank Riau Kepri sebagai penyalur KUR telah melalui serangkaian proses seleksi ketat oleh OJK, Kemenko Perekonomian, Kemenkeu, dan Kementerian Koperasi dan UKM," kata Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, Selasa (21/6/2016). 
 
 
Bank Riau Kepri menjadi salah satu dari tujuh bank daerah yang menyalurkan KUR. Menurut Irvandi kriterianya hanya bank yang sehat dan capable bisa mendapatkan izin menyalurkan kredit ini. 
 
 
Produk KUR yang disalurkan Bank Riau Kepri terdiri atas dua jenis yaitu KUR ritel dan KUR mikro. Irvandi menjelaskan KUR ritel memiliki plafond pinjaman maksimal senilai Rp500 juta sementara KUR mikro plafond pinjamannya senilai Rp25 juta. Khusus untuk segmen mikro ini, pelaku UMKM tidak perlu menyertakan agunan pinjaman. (KLIK; Kredit Macet UMKM di Riau Meningkat)
 
 
Irvandi mengatakan saat ini sebanyak 57,8 juta unit UMKM yang ada hanya sekitar 12 juta unit yang mendapatkan pembiayaan dari bank. Beberapa sebab terjadinya kondisi ini kata dia karena pelaku UMKM itu belum memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit atau pinjaman.
 
 
Selain itu prosedur yang harus dilalui pelaku UMKM untuk mendapatkan kredit cukup rumit, dan bunga pinjaman yang dibebankan kepada kalangan pengusaha pemula ini cukup tinggi.
 
 
Untuk itu Bank Riau Kepri sebagai salah satu penyalur KUR telah menyiapkan dana senilai Rp250 miliar bagi pengusaha UMKM. Apabila dana ini kurang, pihaknya akan menambah dana tersebut.
 
 
“Rp250 miliar kami siapkan untuk KUR ini. Kami berharap bisa mendorong UMKM Riau untuk berkembang lebih baik dan mendapatkan kemudahan pembiayaan,” katanya.