Pemerintah Siapkan Freezer untuk Sterilisasi Daging Beku Jokowi

Daging-Sapi.jpg
(TEMPO.CO)
RIAU ONLINE, PEKANBAARU - Untuk mensterilisasi  7 ton daging beku yang dikirimkan pemerintah pusat, Pemerintah Kota Pekanbaru akan menyiapkan alat pendingin freezer. Pemerintah juga berupaya agar daging beku tetap layak dikonsumsi.
 
 
Masirba Sulaiman, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru mengatakan perlu banyak unit freezer yang disiapkan untuk menyimpan daging beku. 
 
 
"Jika daging tidak didinginkan dengan alat pendingin, daging sapi rentan terkena bakteri. Daging yang tidak layak dikonsumsi, seperti kemasannya rusak, tidak akan diedarkan," katanya, Rabu (8/6/2016). (KLIK: 7 Ton Daging Beku Jokowi Belum Cukup Buat Pekanbaru)
 
 
Freezer diatur dengan suhu 0° celcius agar terhindar dari bakteri. Pekanbaru memiliki dua freezer besar yang terletak di salah satu pasar tradisional dan di Dinas Peternakan Provinsi Riau. Irba mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan perusahaan (pihak ketiga) untuk menyediakan freezer.  
 
 
Meski pemerintah pusat menjamin daging beku tersebut, Pemerintah Kota Pekanbaru tetap mengecek ulang atau memastikan daging beku tetap steril. Pemerintah tetap akan menyeleksi daging sapi beku itu. (BACA: Riau Sumbang 34 Hotspot, Terbanyak di Sumatera)
 
 
Sebanyak 7 ton daging sapi akan dikirim secara bertahap. Hari ini, Kamis (8/6/2016) 1 ton daging akan dikirim menggunakan pesawat. Daging itu akan dijual Rp80.000 per kg. 
 
 
Freezer disiapkan untuk mampu menyimpan lebih dari 7 ton. Pemerintah kota kemungkinan akan meminta pemerintah pusat untuk menambah pasokan daging beku.