Aktual, Independen dan Terpercaya


BMKG: Riau, Sepanjang Ramadan Terjadi Kemarau

Kekeringan-Melanda-Indonesia.jpg
(TEMPO.CO)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geifisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru prediksi selama bulan puasa hingga lebaran mendatang, Riau akan terjadi musim kemarau hingga bulan Agustus mendatang.

 

"Pada bulan puasa ini melihat prediksi dari arah angin yang terjadi maka bulan puasa ini kita akan menjalani puasa dalam cuaca hangat," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin, Senin (30/5/2016).

 

Meski begitu, dalam bulan Juni hingga Agustus mendatang musim panas yang terjadi tidak akan sepanas seperti tahun 2015 lalu. Pasalnya, anomali iklim Elnino mulai luruh pada pertengahan tahun 2016 ini.

BACA JUGA: Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Belum Naik

 

"Pada tahun ini Elnino mulai luruh dan iklim kita akan mendekati normal lagi. Normal dalam artian iklim akan berjalan sesuai rutinitas iklim Riau," urai Sugarin.

 

Meski begitu masyarakat tak perlu khawatir karena dalam musim kemarau pertengahan tahun ini BMKG memprediksi hujan ringan masih akan terjadi beberapa kali sehingga tak terjadi kekeringan yang ekstrem.

KLIK JUGA: Jelang Ramadan, Dishub Riau Persiapkan Posko Ramadan

 

Sugarin berpesan kepada masyarakat untuk mempersiapkan ini. Dan yang paling penting adalah jangan sampai musim kemarau tersebut diperparah dengan masalah kebakaran lahn dan hutan sehingga memperparah suhu Riau.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline