Andi Rachman Belum Beritahu Siapa Wakil Gubernur Pilihannya

Gubernur-Andi-Rachman-dan-Istri-Usai-Pelantikan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua hari usai dilantik, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman hingga kini belum memberitahukan siapa yang akan dipilihnya untuk mendampinginya sebagai wakil gubernur Riau.

 

Gubernur yang akrab disapa Andi Rachman ini hanya mengatakan akan segera mempersiapkan orang yang akan ia tunjuk sebagai wakilnya. Karena dalam peraturan perundang-undangan ia hanya diberi waktu hingga 14 hari untuk menunjuk wakilnya usai ia dilantik sebagai gubernur defenitif.

 

"Ini sedang kita persiapkan. Tunggu saja, secepatnya akan kita beritahu," ungkap Andi singkat usai menghadiri prosesi Tepuk Tepung Tawar di Balai adat LAM Riau, Jumat (27/5/2016).

BACA JUGA: LAM Riau Gelar Tepuk Tepung Tawar Sambut Gubernur Riau Baru

 

Dalam mekanismenya, Pakar Hukum Tata Negara, Dr Mexsasai Indra, usai dilantik menjadi penjabat defenitif, partai pengusung kepala daerah daerah tersebutlah yang mengajukan calonnya kepada DPRD Riau untuk kemudian dibahas dan disahkan.

 

Andi yang dalam hal ini juga merupakan ketua DPD Riau Partai Golkar, pemenang Pilkada tahun 2014 lalu memiliki kewenangan penuh dalam melakukan penujuman wakil gubernur Riau.

KLIK JUGA: Andi Rachman Jangan Jadi Gubernur ke-4 Ditangkap KPK

 

"Beliau adalah Kepala daerah sekaligus Ketua DPD Golkar sehingga tak sulit baginya untuk mencari dan menunjuk siapa yang bakal mendampinginya sebagai wakil," kata Mexsasai yang merupakan dosen di Fakultas Hukum Universitas Riau ini.

 

Silakan ikuti terus berita Andi Rachman Jadi Gubernur Riau dengan klik di sini


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline