Aktual, Independen dan Terpercaya


Distanak Kota Pekanbaru Jamin Pasokan Daging Selama Ramadhan Cukup

Daging-Sapi.jpg
(TEMPO.CO)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru memastikan ketersediaan daging untuk Kota pekanbaru jelang bulan puasa hingga lebaran tahun 2016 ini dipastikan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

Kepala Distanak Kota Pekanbaru, El Syabrina menyebut ketersediaan daging jelang Ramadhan masih cukup memenuhi kebutuhan masyarakat disebabkan beberapa waktu lalu daya beli masyarakat terhadap daging menurun cukup signifikan sehingga kuota daging untuk Kota Pekanbaru masih cukup banyak.

 

"Pasokan daging kita selama bulan Ramadhan hingga lebaran masih aman. Tak ada potensi kelangkaan karena beberapa waktu lalu daya beli masyarakat kita terhadap daging ini menurun cukup banyak," kata Syabrina, Selasa (24/5/2016).

BACA JUGA: Pertamina Diminta Siapkan Stok Gas Elpiji Selama Ramadan

 

Meski tak terjadi kelangkaan dan terjaminnya pasokan daging selama ramadhan esok, harga daging sapi tak mengalami penurunan. Tak kunjung menurunnya harga daging meski permintaan berkurang tersebut membuat Syabrina khawatir adanya permainan harga pada komoditas daging di pasar-pasar.

 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau, harga daging saat ini berkisar Rp110 ribu per kilogram.



Diperkirakannya, kebutuhan daging sapi akan mengalami peningkatan yang signifikan pada tiga hari sebelum memasuki bulan Ramadhan. "Saya memprediksi kebutuhan daging sapi akan meningkat sebesar 50 persen dari kebutuhan hari biasanya," pungkas Syabrina.



Sementara itu, untuk menjaga kualitas daging sapi agar tetap aman dikonsumsi masyarakat, Distanak Pekanbaru terus melakukan langkah antisipasi dengan memberi vaksin pada hewan potong.



"Tidak hanya itu kami juga berupaya mencegah dengan cara memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang virus-virus yang bisa terdapat pada daging sapi dan cara penanganannya," pungkasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline