Aktual, Independen dan Terpercaya


Pembangunan Stasiun Klimatologi di Pekanbaru Masih Dipertimbangan

Logo-BMKG.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, Andi Eka Sakya mengungkapkan bahwa Riau memerlukan stasiun Klimatologi selain stasiun Meteorologi yang kini tersedia di Pekanbaru. Bahkan Andi menjelaskan stasiun tersebut harusnya dimiliki oleh masing-masing provinsi se-Indonesia.

 

Namun belum tersedianya stasiun Klimatologi di Pekanbaru maupun wilayah lain di Riau hingga kini bukan berarti hal tersebut menjadi masalah. Menurut Andi tanpa adanya stasiun Klimatologi di Riau, BMKG masih memiliki data yang lengkap dari stasiun BMKG pusat.

 

"Kita punya data yang lengkap di database pusat tentang Klimatologi seluruh Indonesia. Makanya tak menjadi masalah sebenarnya ketika Riau belum memilikinya. Namun begitu, kita akan memikirkan untuk pembangunan stasiun itu," ujar Andi, Selasa (10/5/2016).

 

Andi selanjutnya menjelaskan pentingnya stasiun Klimatologi yang sangat diperlukan oleh para petani baik pertanian dan perkebunan. Menurutnya selama ini peran klimatologi paling berguna bagi dua sektor ini.

 

"Klimatologi sangat membantu bagi para petani untuk menentukan kalender tanam selama satu tahun. Petani bisa memperkirakan musim tanam apa yang cocok dilakukan pada bulan-bulan tertentu. Ini untuk mengoptimalkan keuntungan serta mengurangi resiko kerugian akibat iklim yang tak terprediksi," papar Andi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline