Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah Kelebihan 24 Unit F16 Bakal Bermarkas di Pekanbaru

Pesawat-Tempur-TNI.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pesawat hibah dari Amerika Serikat, F16-CD, bakal mengisi ruang hanggar pesawat tempur di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (Lanud Rso), Pekanbaru.

 

Tak tanggung-tanggung, Lanud Roesmin Nurjadin akan menerima 24 unit pesawat F16 ini atau setara dengan satu skadron udara (Skadud).

 

"Sekarang pesawat tersebut sedang dalm proses pendatangan dari Amerika Serikat dan akan dijadwalkan sampai seluruhnya pada akhir tahun 2016 ini," kata Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Henri Alfiandi, Sabtu, 9 April 2016, usai perayaan HUT Ke-70 TNI AU.

 

Baca Juga: Skuadron F-16 di Lanud Roesmin Nurjadin Belum Lengkap

 

Mantan Komandan Skadron Udara (Skadud) 12/Panther Hitam, Pekanbaru ini menjelaskan, F16-CD hibah Amerika Serikat ini memiliki kelebihan di antaranya, kemampuan radar jauh lebih baik dibandingkan F16 sudah ada.

 

Selain itu, tutur Henri, pesawat ini memiliki kemampuan menggunakan sebagian besar persenjataan terkini. Kehebatan F16-CD tersebut, jelasnya, membuat banyak negara besar menjadikannya sebagai alutsista pertahanannya. Bahkan, jet tempur itu digunakan oleh negara-negara anggota NATO dan Amerika Serikat.

 

Jika tepat waktu, kata jenderal bintang satu ini, F16-CD mulai aktif beroperasi pada 2017 dan akan menjadi alutsista utama di Lanud Roesmin Nurjadin. 

 

Foto Bersama TNi dan Polri

KOMANDAN Pangkalan Udara (Danlanud) Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama TNI Henri Alfiandi, berfoto bersama dengan salam komando bersama Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto, dan Danlanal Dumai.

 

Sebelumnya, Lanud utama di Indonesia Bagian Barat itu, sudah kedatangan tujuh pesawat F16, juga hibah dari Amerika Serikat. "Nanti tambahan ini akan masuk Skadron 16. Sekarang Skadron 16 baru ada 7 unit F16 dan itu menjadi senjata utama kita. Nanti dengan datangnya tambahan ini kita berarap pertahanan kita akan menjadi semakin kuat," tandasnya.

 

Klik Juga: TNI AU Bangun Pertahanan Udara Radar Automatis di Pekanbaru

 

Sebelumnya, Selasa, 4 Agustus 2015, usai dilantik menjadi Danlanud Roesmin Nurjadin, Henri ketika itu masih kolonel mengatakan, dalam waktu dekat ini bakal tiba 24 unit F16 ditempatkan di Pekanbaru.

 

"Umumnya satu skuadron itu ada sekitar 14 atau 16 unit, tapi untuk Roesmin Nurjadin, ada 24 unit akan datang," kata Henri. 

 

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat ini bakal tiba 24 unit F16 untuk ditempatkan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. "Umumnya satu skuadron itu ada sekitar 14 atau 16 unit, tapi untuk Roesmin Nurjadin, ada 24 unit yang akan datang," jelas Danlanud baru ini.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline