Aktual, Independen dan Terpercaya


Bupati Pelalawan dan Rohul Dilantik Selasa Depan

Gladi-Bersih-Pelantikan-Kepala-Daerah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati 2 kabupaten, yakni Kabupaten Rokan Hulu dan Pelalawan telah ditetapkan akan dkan dilaksanakan pada Selasa (19/4/2016) mendatang. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan yang telah diterima oleh Biro Tapem Provinsi Riau dari Kemendagri.

 

Dari hasil rapat internal yang dilakukan untuk membahas teknis persiapan pelantikan, Ahmad mengatakan nantinya pelantikan akan digelar di Gedung DPRD Provinsi Riau. "Hasil rapat tadi sudah sepakat kalau lokasi pelantikan akan kita adakan di Gedung DPRD Riau," ujar Ahmad usai rapat, Jumat (8/4/2016).

 

Pertimbangan tempat pelantikan 2 kepala daerah kabupaten ini dilakukan di DPRD Riau, kata Ahmad dikarenakan muatan gedung DPRD provinsi yang lebih besar ketimbang Balai Daerah Serindit.

 

"Kita belajar dari pelantikan yang sebelumnya. Di Balai Serindit kemarin tempatnya kan sangat terbatas dan tak banyak muatnya, makanya kita cari alternatif lainnya. Dan DPRD Riau bersedia meminjamkan tempat untuk pelaksanaan pelantikan. Kita ambil karena tempatnya cukup luas dan bisa memuat orang lebih banyak," imbuhnya.

 

Kuota yang diberikan oleh Pemprov Riau bagi kepala daerah terpilih untuk membawa tamu daerah, sanak keluarga serta simpatisannya hanya 400 kursi bagi masing-masing kabupaten, baik Pelalawan dan Rokan Hulu. "Total kursi yang tersedia cuma 1200 kursi, dua kabupaten masing-masing 400 kursi dan Pemprov Riau juga 400 kursi," tukasnya.

 

Yang perlu ditekankan, Ahmad menambahkan bahwa pelantikan kepala daerah kabupaten dan kota menurut Perpres Nomor 16 Tahun 2016 lokasinya harus berada di ibu kota provinsi. Tidak ditegaskan di mana tempat atau institusi mana digelar. "Yang penting lokasi pelantikan harus ada lambang negara, bendera serta foto presiden dan wakil presiden. Terserah baik di hotel, lapangan atau balai daerah," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline