Disdik Riau Masih Temukan Naskah UN SMA yang Cacat

Ujian-Nasional.jpg
(INTERNET)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pendidikan Provinsi Riau masih menemukan adanya kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam produksi dan distribusi soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2016 di Riau.

 

Dari laporan yang diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi RIau, Kamsol mengatakan masih banyak lembaran soal dan jawaban yang rusak maupun ganda yang terjadi dalam satu paket tersebut. Padahal jumlahnya sudah disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut.

 

“Di lapangan, para guru pengawas UN masih menemukan naskah rusak maupun lembar jawaban yang ditemukan. Seringkali ada dua lembar jawaban dalam satu naskah soal, dan itu membuat ragu para siswa," ujar Kamsol ketika ditemui, Rabu (6/4/2016).

BACA JUGA: Gara-gara Listrik Turun Naik, SMK Kansai Batal Gelar UNBK Tahun Ini

 

Kamsol mencontohkan ketika ada kasus demikian yang terjadi di kabupaten ketika dirinya meninjau pelaksanaan UN di SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Pelalawan kemarin. Dalam sekolah tersebut ditemukan kekurangan naskah baik soal dan lembar jawaban pada siswa sehingga hal tersebut merugikan bagi peserta UN.

 

“Akibat hal tersebut, siswa-siswa tersebut harus menunggu waktu untuk guru mencarinya. Keterlambatan waktunya sudah kita berikan dispensasi bagi siswa tersebut untuk lebih panjang waktunya. Namun hal tersebut pasti berpengaruh pada mental anak-anak itu sendiri,” imbuh Kamsol.

KLIK JUGA: UN di Riau Lebih Banyak Gunakan Kertas daripada Komputer

 

Maka dari itu, Kamsol meminta pimpinan perusahaan pemenang tender penggandaan naskah UN tingkat SMA, PT Binta Grafindo agar bekerja dengan baik dan dapat memenuhi kontraknya untuk memenuhi kriteria naskah yang layak digunakan bagi peserta UN.

 

“Kalau memang ada soal bocor, pekerjaan tidak tepat waktu atau terlalu banyak kesalahan dalam penggandaan naskah ujian nasional ini, maka perusahaan akan diblacklist dan tidak akan lagi diikutsertakan kembali,” ancamnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline