Beberapa Hari Kedepan Riau Bakal Sering Diguyur Hujan

Hujan-Turun-di-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi dalam beberapa hari kedepan, sebagian besar wilayah Sumatra berpotensi hujan sangat lebat, termasuk di Riau.

 

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi menjelaskan beberapa waktu belakangan ini BMKG telah mempelajari kondisi atmosfir di beberapa wilayah di Indonesia. Hasil pengamatannya, dalam beberapa hari kedepan sebagian besar wilayah Sumatra berpotensi hujan sangat lebat, termasuk di Riau.

 

"Dalam beberapa hari ke depan ada peningkatan curah hujan yang meliputi hampir seluruh wilayah Sumatera, termasuk Riau. Intemsitas hujannya dari ringan hingga lebat," ungkap Slamet kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa (22/3/2016).

 

BACA JUGA : Mengaku Sahabat Israel, Trump Janji Pindahkan Kedubes Amerika ke Yerusalem

Prediksi tersebut telah mulai dipantau sejak kemarin senin dan akan berlangsung hingga beberapa hari mendatang. Slamet menjelaskan bahwa potensi hujan lebat dipengaruhi oleh mulai aktifnya aliran massa udara yang cukup kuat dari barat di Samudra Hindia sebelah barat Sumatera hingga Jawa.

 

KLIK RIAU : Pengusaha Sawit Riau Mengeluh Jalan Rusak

 

Akibat dari fenomena ini, terbentuklah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa wilayah di Sumatera dan Jawa. "Kondisi ini membentuk awan hujan sehingga peluang timbulnya hujan makin tinggi," tutur Slamet.

 

Dengan tingginya potensi curah hujan ini, Slamet mengimbau masyarakat untuk siaga dan waspada. Terutama untuk daerah yang rawan banjir. "Pemerintah juga perlu melakukan persiapan untuk bisa mengurangi dampak bencana yang mungkin akan terjadi," tutupnya.