Aktual, Independen dan Terpercaya


Diminta Buka Jilbab, Atlet Muslim Ini Menolak

Jilbab.jpg
INTERNET
Ilustrasi

RIAU ONLINE- Seorang atletwanita Muslim, Ibtihaj Muhammad diminta buka jilbab saat hendak masuk dalam Festival South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas. Padahal, saat itu ia termasuk satu dari sejumlah pembicara yang diundang panitia.

 

Dalam cuitan di akun Twitter miliknya, Ibtihaj mengaku diminta membuka hijab oleh panitia SXSW untuk pengecekan foto tanda masuk. Ia menolak permintaan itu. "Meski saya telah menjelaskan alasannya dalam koridor agama, mereka tidak mau tahu dan tetap meminta saya membuka hijab saya," lanjutnya.

 

BACA JUGA ; Pagi Ini, Titik Panas Terbanyak Masih di Meranti

 

Setelah beberapa saat berdebat, ia akhirnya menjelaskan kalau foto yang tertera di tanda masuknya bukanlah dirinya. Melainkan seorang wanita bernama Tamir yang bekerja di Time Warner Inc.

 

KLIK JUGA : Gemar Makan Lele? Selamat, Ini Manfaatnya

 

Atas insiden ini, panitia langsung meminta maaf. "Membuka hijab tidak masuk dalam aturan kami. Seorang volunteer melakukan hal tersebut kepada Ibtihaj Muhammad. Setelah itu ia tidak lagi kami pekerjakan. Kami sangat malu dan menyesal atas kejadian ini. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Ibtihaj Muhammad," tulis panitia SXSW dalam keterangan resminya sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (15/3/2016).

 

Sementara itu, Ibtihaj mengaku ingin mengubah cara pandang orang Barat kepada kaum Muslim sepertinya.

 

Ibtihaj Muhammad diundang sebagai atlet yang akan mewakili Amerika Serikat dalam pertandingan olah raga anggar internasional. Ia tampil sebagai pembicara dalam sesi bertajuk The New Church: Sport as Currency of American Life.