Aktual, Independen dan Terpercaya


Sore Ini, 24 Titik Panas di Riau

Kabut-Asap.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi adanya 24 titik panas di Riau. Titik panas tersebar di lima kabupaten yakni Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelelawan, Rohil dan Inhil.

 

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin mengungkapkan Riau masih menjadi penyumbang titik panas terbanyak di Sumatera.

 

"Titik panas terpantau oleh satelit Terra dan Aqua Modis di Sumatera ada 26 titik. Dari jumlah tersebut, 24 titik panas tersebut tedeteksi di Riau. Sedangkan 2 sisanya masing-masing ada di Aceh dan Kepulauan Riau," jelas Sugarin, Senin (14/3/2016) petang.

 

Sugarin menjelaskan, dari 24 titik panas tidak seluruhnya berpotensi menjadi titik api. Hanya titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen yang berpotensi telah menjadi titik api. (KLIK: UMKM Riau Berkembang Kalau Bunga Kredit Turun)

 

"Hanya 8 titik panas saja yang kita pantau berpotensi kuat menjadi titik api yang tersebar di Bengkalis dengan 2 titik, Kepulauan Meranti 4 titik dan Pelelawan 2 titik," ujar Sugarin.

 

Pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. "Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata diprakirakan terjadi di wilayah Riau bagian barat, tengah dan selatan pada malam hari," tandasnya.