Atasi Kebakaran Lahan, BPBD Pinjam 2 Helikopter

Karhutla-di-Samping-Kantor-Camat-Payung-Sekaki.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/YOLA RISTANIA VIDIANI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger akan segera mengajukan peminjaman helikopter kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) usai Riau ditetapkan statusnya Siaga Darurat Karlahut.

 


"Kita akan segera mengajukan peminjaman beberapa unit helikopter dari BNPB pusat untuk kita pakai operasional pemadaman di Riau ini. Kita akan ajukan suratnya besok karena hari ini kita sudah ditetapkan status Siaga Darurat Karlahut," ujar Edwar kepada wartawan, Senin (7/3/2016).

BACA JUGA : Tak Lakukan Pencegahan Karlahut, Danrem Ancam Copot Dandim

 

Dalam surat permohonan peminjaman nantinya Edwar hendak meminjam 2 unit heli water bombing pada BNPB dan peralatan operasional lainnya yang dibutuhkan. Dengan ditetapkannya Riau Siaga Darurat Karlahut, Edwar yakin peminjaman heli akan lebih mudah.

KLIK JUGA: Dianggap Tak Serius Cegah Karlahut, Dua Instansi Ini Dimarahi Pangdam

 

"Selain heli, kita juga butuh tambahan lainnya mulai dari peralatan, personel dan juga anggaran yang jelas. Nanti kita akan koordinasi dengan Pak Danrem untuk memetakan kebutuhan personel kita di berbagai daerah," ungkapnya.

 

Sementara ini, Kata Edwar, Tim Satgas Siaga Darurat Karlahut akan berfokus mengatasi maraknya kebakaran lahan di beberapa daerah pesisir timur Riau seperti Kepulauan Meranti, Bengkalis dan Siak.

LIHAT JUGA : Waduh! Kata BMKG Riau Bakal Alami Kemarau Panjang

 

"Kita akan fokus dulu pada daerah itu karena daerah itu yang sekarang paling sering muncul titik api. Tapi kita juga tak akan meninggalkan yang lain seperti Dumai dan lainnya. Kita juga akan beri perhatian di daerah-daerah tersebut," demikian tutupnya.