Aktual, Independen dan Terpercaya


KPU Riau Akan Panggil KPU Pekanbaru dan Kampar

Logo-KPU.jpg
INTERNET
ILUSTRASI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Nurhamin rencananya dalam waktu dekat akan mengundang KPU Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar untuk melakukan presentasi hasil beberapa kali pertemuan yang membahas antisipasi adanya pemilih ganda dan pemilih yg tumpang tindih terutama di daerah daerah perbatasan.

 

"Rencananya hari Kamis (3/3/2016) mendatang kedua KPU kabupaten dan kota ini akan undang untuk melakukan presentasi hasil pemetaan yang sudah mereka bicarakan dalam dua pertemuan terakhir ini," ucap Nurhamin ketika dihubungi, Senin (29/2/2016).

 

Dalam pertemuan tersebut nantinya KPU Riau akan meminta strategi apa yang hendak dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pemilih ganda yang akan dilakukan Pilkada serentak di kedua daerah ini.

 

"Pilkada untuk Kampar, Pekanbaru dan Indagiri Hilir akan digelar tahun depan. Untuk Pekanbaru dan Kampar itu daerah perbatasan, keduanya sangat rentan terjadi tumpang tindih administrasi sehingga kita akan antisipasi supaya jangan sampai terjadi di Pilkada mendatang," jelasnya.

 

Lelaki yang juga merupakan mantan Ketua KPU Kampar ini menambahkan, pada pertemuan tersebut KPU Riau akan meminta strategi yang akan digunakan untuk mengantisipasi hal trsebut, sebab daerah yang berada diperbatasan sangat rentan terjadinya tumpang tindih administrasi. "Sampai sekarang kita belum menerima informasi terkait dengan hasil pertemuan kemarin, makanya kita akan panggil," katanya.

(BACA JUGA: Pemilih di 10 Kecamatan Kampar dan Pekanbaru Ini Berpotensi Tumpang Tindih)

 

Namun, ketika dikonfirmasi kepada Ketua KPU Kota Pekanbaru, Amir Sijaya, pihaknya hingga kini masih belum menerima undangan dari provinsi. "Kita sampai sekarang belum menerima surat undangan dari manapun," tegasnya.

 

Sebelumnya, pada Jumat (26/2/2016) lalu KPU Kampar dan Pekanbaru melakukan pertemuan untuk kedua kalinya terkait pembicaraan daerah perbatasan yang berpotensi terjadi tumpang tindih administrasi kependudukan sehingga akan menimbulkan suara ganda.

 

Dari pertemuan tersebut kecamatan-kecamatan yang sudah teridentifikasi sesuai hasil pertemuan antara KPUPekanbaru dan Kampar antara lain untuk Pekanbaru yakni Tenayan Raya, Bukit Raya, Tampan, Payung Sekaki, Rumbai dan Marpoyan Damai. "Sedangkan untuk Kabupaten Kampar antara lain Kecamatan Siak Hulu, Tambang, Tapung dan Tapung Hilir," tandas Amir.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline