Aktual, Independen dan Terpercaya


Jokowi Perintahkan Gubernur, Bupati dan Wako Waspadai El Nino

Jokowi-Jalan-jalan-di-Rimbo-Panjang.jpg
(HUMAS PEMPROV RIAU)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, Presiden Joko Widodo kembali memperingatkan kepada beberapa kepala daerah daerahnya rawan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) untuk kembali waspada.

 

Kewaspadaan itu diimbau kembali dengan datangnya Siklus El Nino, akhir Februari ini. Dalam rapat koordinasi antara Presiden dengan bersama jajaran kementerian terkait serta kepala daerah tingkat provinsi, Presiden meminta kepada semua pihak kembali bersiaga dalam melakukan pencegahan datangnya El Nino. 

 

(Baca Juga: Ancaman Presiden Cabut Izin Bikin Perusahaan Gesa Bangun Embung

 

"Dalam rakor kemarin, semua pihak menghadiri mulai dari Menko, BNPB, BMKG, MenLHK, dan semua gubernur daerahnya rawan terbakar pada 2015 kemarin. Semua bupati dan wali kota juga turut melihat langsung dengan video conferense di tempat masing-masing," ungkap Andi Rachman, sapaan akrabnya, Selasa (23/2/2016).

 

Pesan Presiden, tutur Andi, kepala daerah diminta melakukan upaya pencegahan semaksimal segala daya upaya mengatasi dampak El Nino sehingga tak merusak dan menyebabkan kebakaran seperti 2015 lalu.

 

"Pak Presiden meminta kita di daerah melakukan pencegahan baik secara struktural dan non struktural. Kalau secara non struktural masing-masing SKPD terkait bisa melakukan upaya pencegahan sesuai bidangnya. Misalnya melakukan program dengan masyarakat. Jadi sifatnya mandiri dari masing-masing SKPD," ungkapnya.

 

(Klik Juga: Bengkalis Daerah Paling Banyak Dibangun Sekat Kanal

 

Sedangkan strukturalnya sendiri, kata Andi, pemerintah secara terintegrasi melakukan kerja sama dengan satu fungsi bersama. "Misalnya soal pembangunan sekat kanal ini kan ada kerja samanya. Kata Pak Kapolda sendiri jumlah sekat kanal di Riau sudah sekitar 140-an dan itu tetap bertambah terus," pungkasnya. 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline