Aktual, Independen dan Terpercaya


Danrem Kaget Minimnya Kepedulian Warga Padamkan Api di Lahan Terbakar

Padamkan-Api-Gambut.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komandan Korem 031/Wirabima, Brigjen TNI Nurendi, mengkritik masyarakat yang masih minim kepedulian terhadap lingkungannya. Minimnya kepedulian tersebut dilihat masih jarangnya warga mau memadamkan api di lahan terbakar.

 

"Itu kita kecewakan. Masyarakat kita masih rendah kesadarannya untuk memadamkan api di lahan gambut yang terbakar. Padahal lahan terbakar itu ada di sekitar mereka," ujar Nurendi usai meninjau lokasi kebakaran di Dumai, Jumat (18/2/2016).

 

Nurendi menuturkan, rasa kesadaran terhadap lingkungan itu sebenarnya harus ditumbuhkan dalam diri masyarakat. Karena untuk mencegah kebakaran terjadi, hanya bisa dilakukan oleh masyarakat yang sadar kepeduliannya terhadap lingkungan.

 

"Kita tentu tetap akan mengontrol masyarakat, tapi kita tak mungkin bisa mengontrol selamanya, jika rasa kesadaran dari diri masyarakat itu tidak ditumbuhkan. Program warga peduli api itu kan menumbuhkan kesadaran masyarakat sesuai dengan Nawacita Pak Jokowi," katanya.

 

(Baca Juga: 2 Hektare Lahan Terbakar di Dumai, Danrem: Tangkap!

 

Hingga kini beberapa daerah memang masih rawan dan sering terbakar. Namun, Danrem menegaskan, dari beberapa lokasi terbakar, semua lahan itu sengaja dibakar.

 

"Secara umum cuaca kita normal dan stabil. Walau ada sebagian wilayah kita yang masuk musim kemarau tapi tak ada hal yang membuat lahan bisa terbakar sendiri. Pasti dibakar," tandasnya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline