Aktual, Independen dan Terpercaya


5 Pasang Kepala Daerah Terpilih Ini akan Dilantik Bulan Juni

Gladi-Bersih-Pelantikan-Kepala-Daerah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Biro Hukum Sekdaprov Riau, Rahima Erna mengatakan, pelantikan kepala daerah lima kabupaten yang melakukan Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu akan dilantik pada bulan Juni 2016 mendatang.

 


Pelantikan akan dilaksanakan pada bulan Juni, mengingat kabupaten lain masih memiliki pejabat bupati yang masih belum habis masanya menurut SK dari Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

 


"Menurut keterangan dari Kemendagri kemarin, 5 kabupaten lain asal Riau akan dilantik pada bulan Juni mendatang secara serentak. Beberapa kabupaten itu masih memiliki Pj bupati yang belum habis masanya," ungkap Rahima kepada wartawan, Rabu (17/2/2016).

 


Namun jadwal tersebut masih belum bisa dikatakan final karena masih ada kemungkinan jadwal akan berubah. "Kalau berubah jadwalnya masih mungkin karena itu yang buat keputusannya Mendagri. Kita kan cuma melaksanakan ketetapan yang dibuat saja," kata Rahima usai menghadiri pelantikan kepala daerah di Balai Serindit, Gedung Daerah.

 


Sejauh ini hanya Kabupaten Kuantan Singingi saja yang menurut Rahima menunggu hasil ketetapan pemenangnya karena masih bersengketa di MK. Jika sesuai jadwal, dalam bulan ini, MK sudah mengeluarkan keputusan pemenang Pilkada di Kuansing.

 


"Kalau Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Pelelawan itu sudah jelas kepala daerahnya. Tinggal Kuansing yang akan diputuskan oleh MK pada bulan ini. Yang jelas 5 kabupaten ini akan dilantik secara serentak juga," tandas Rahima.