Dandrem Nurendi: Tidak Bisa Jamin Kebakaran Hutan Tidak Terjadi

danrem-nurendi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komandan Korem 031/ Wirabima, Brigjen TNI Nurendi tak bisa menjamin bebasnya Riau pada 2016 ini dari masalah kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Kemungkinan kebakaran masih dapat terjadi pada tahun ini.

 

"Kita ini manusia, mana bisa kita menjamin masa depan yang belum terjadi. Menghadapi masalah kebakaran inilah kita tak bisa memastikan apakah tahun ini kebakaran lahan dan hutan di daerah kita tercinta ini," ungkap Nurendi dalam sambutannya Rapat Koordinasi dengan Kepala BNPB Pusat, Willem Rampangilei, Rabu (27/1/2016).

 

Karena tak ada jaminan tiadanya kebakaran inilah Nurendi menghimbau pada seluruh stake holder terkait untuk menyiapkan segala sesuatu ke depannya. Baik itu dari pihak aparat hukum maupun pihak pemerintahan sendiri. (BACA: Korban Kapal Tenggelam Asal Riau Masih Dilacak)

 

"Bagaiman kita menghadapi segala kemungkinan yang buruk pada tahun ini harus kita persiapkan seluruhnya, dalam hal ini permasalahan Karlahut yang setiap tahun terjadi. Jangan sampai tahun ini terjadi kembali. Jaringan kerja kita ini harus kita susun dengan baik dan terintegritas," jelas Nurendi.

 

Potensi masalah karlahut tahun ini lebih buruk dipandang Nurendi karena adanya masalah El-Nino yang menurut prediksi dari BMKG akan mendera sebagian besar wilayah Indonesia pada awal bulan Februari mendatang. (LIHAT: Kerugian Negara Akibat Kebakaran Hutan Capai Rp 221 Triliun)

 

"Menurut prediksi BMKG kan awal bulan Februari ini kan akan terjadi El-Nino di Indonesia. Dan Riau juga terkena. Kata Pak Sugarin (Kepala BMKG Pekanbaru) ini cukup lama katanya sampai akhir tahun. Makanya kita cukup khawatir kalau sampai tahun ini kebakaran lagi," tandas Nurendi.