Aktual, Independen dan Terpercaya
ÔĽŅ

TNI AU Periksa Setiap Kendaraan di Bandara SSK II

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Personel gabungan Polisi Militer Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) dan Yonko 462 Paskhas melaksanakan operasi pengetatan pengamanan di wilayah Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Operasi dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya ancaman dari pihak-pihak yang akan mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat. 

 

Sebelum melaksanakan kegiatan, personel gabungan yang terdiri dari Pom Lanud dan Yonko 462 Paskhas, bersama-sama dengan personel Avsec Bandara SSK II dan Polsek Bukit Raya melaksanakan apel guna menentukan titik mana yang akan dijaga serta personel yang bertugas. ( Baca Juga: Bom Sarinah Hanya Uji Coba Keahlian)

 

“Seluruh personel akan dibagi menjadi beberapa tim yang kemudian langsung menempati posisi yang telah ditentukan untuk bertugas," ujar Dansatpomau Lanud Rsn, Letkol Pom I Putu Nova.

 

Lebih lanjut Dansatpom menjelaskan selain personel, Satpomau Lanud Rsn juga menurunkan anjing pelacak dari Unit Satuan Hewan (Satwan) untuk menyisir area di sekitar bandara untuk mendeteksi kemungkinan adanya benda-benda atau bahan yang tidak wajar yang di areal tersebut, misalnya seperti bahan peledak.  (Klik Juga: Pria Mencurigakan Sempat Hebohkan Lalulintas di Sudirman)

 

Sementara itu Danlanud Rsn, Marsma TNI Henri Alfiandi mengatakan, langkah antisipasi harus terus dilakukan karena kemungkinan adanya ancaman dapat muncul kapan saja.¬†‚ÄúSeluruh personel Lanud Rsn dan Yonko 462 Paskhas kita tekankan untuk siap siaga menjaga keamanan wilayah Lanud Rsn dan sekitarnya, termasuk juga Bandara SSK II,‚ÄĚ pungkas Danlanud.

 

Karena operasi tersebut, kendaraan lalu lalang masuk dan keluar bandara menjadi cukup terhambat. Karena pemeriksaan dilakukan pada setiap kendaraan sehingga menghabiskan waktu yang lebih lama.

 

Namun Marsma TNI Henri menjelaskan, hal itu lebih baik ketimbang harus kecolongan dengan adanya aksi dan peristiwa yang tak kita harapkan. "Ini jauh lebih baik untuk menjamin keselamatan dan keamanan kita bersama," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline