Aktual, Independen dan Terpercaya


Dampak Asap, Disdik Tetapkan Esok Ujian Semester di Riau

Sosialisasi-Karhutla.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ssap menyelimuti Provinsi Riau selama tiga bulan, berdampak terhadap penundaan pelaksanaan Ujian Semester ribuan pelajar. 

 

Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kamsol, menetapkan esok hari, Kamis (17/12/2105), seluruh sekolah di Riau akan menyelenggarakan ujian semester secara serentak. (Baca Juga: Tahap Wawancara Seleksi Dewan Pendidikan Saring 46 Jadi 26 Peserta

 

Waktu ini ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama Kepala Dinas Pendidikan 12 kabupaten dan kota di Riau.

 

"Ujian semester akan kita adakan selama seminggu ke depan. Mulai 17 hingga 23 Desember 2015 mendatang. Untuk persiapannya dinas pendidikan yang ada di kabupaten dan kota telah melaporkan kesiapannya untuk menggelar ujian esok hari," ungkap Kamsol ketika ditemui, Rabu (16/12/2015).

 

Ia membenarkan keterlambatan jadwal ujian semester dijalankan para pelajar. Ini merupakan dampak asap selimuti Riau. Kamsol menjelaskan, dengan kondisi seperti itu, membuat terganggungnya aktivitas belajar para siswa di Riau mulai dari TK hingga perguruan tinggi. (Klik Juga: Empat Wanita Peneliti Indonesia Raih Loreal Unesco)

 

"Asap kemarin itu mengganggu semua tingkat pendidikan yang ada di Riau, makanya jadwal ujian semester kita lakukan serentak di RIau ini," pungkas Kamsol.

 

Usai ujian semester, para siswa akan mendapatkan masa liburan selama lebih dari sepekan. Masa libur diperpendek oleh Kadisdik untuk mengejar sisa ketertinggalan materi yang dialami oleh para siswa yang ada di Riau akibat asap lalu. (Lihat Juga: Pelajaran Muatan Lokal Hilang Demi Ujian Nasional

 

"Usai ujian semester, siswa akan mendapatkan jatah liburan mulai tanggal 24 Desember 2015 hingga 4 Januari 2016. Kemudian mereka masuk seperti biasa dan pada tanggal 9 Januari orang tua akan dijadwalkan untuk mengambil buku raport anaknya di sekolah," pungkasnya.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline