Stop. Jangan Makan Gorengan Jika Anda Sakit Magh

makanan-jatuh.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Anda suka gorengan yang renyah dan enak? Namun, Anda juga mengidap sakit magh? Jika iya, maka berhati-hatilah. Sebab, dibalik enaknya gorengan tersebut marabahaya mengancam kesehatan Anda. 

 

Di balik rasa enak tersebut, gorengan juga bisa membahayakan kesehatan pada waktu mendatang, misalnya kolesterol tinggi, jantung, dan stroke. (Baca Juga: Anda Sering Menggoreng Pakai Minyak Sawit? Ini Bahaya Mengintainya

 

"Pada makanan digoreng tersebut terjadi perubahan kandungan nutrisi. Makanan akan kehilangan kandungan air dan kadar lemaknya pun meningkat," kata dr. Mega Putri, anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com. 

 

Selain itu, tutur Mega, para pedagang gorengan di pinggir jalan juga sering kali menggunakan minyak sudah dipakai berulang-ulang. Damapknya, berisiko terjadinya proses oksidasi dan hidrogenasi mengakibatkan hilangnya lemak tidak jenuh dan terjadinya peningkatan lemak trans.

 

Tapi jangan salah, jelasnya, bukan hanya makanan digoreng saja mengandung lemak. Makanan cepat saji dan pizza juga merupakan makanan yang sangat berpengaruh pada kesehatan lambung. (Klik Juga: Buah Ini Hilangkan Kulit Berminyak

 

"Gorengan sama sekali tidak baik bagi penderita magh, karena dengan adanya lemak, lambung akan cepat terisi, tapi lebih lambat dicerna," ujarnya.

 

Alhasil, seseorang akan merasa sudah kenyang padahal baru makan dalam porsi sedikit. Hal ini tentu akan membuat kerja lambung terganggu. Dan tidak sampai disitu saja. Gorengan ternyata juga mengakibatkan tukak lambung. Halaman selanjutnya selengkapnya.

 

Tak hanya itu, gorengan juga dapat menyebabkan ulkus gaster (tukak lambung), yaitu luka yang terjadi di sekitar bagian dalam lapisan lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Helicobacter pylori. (Lihat Juga: Anda Berperut Buncit? Begini Cara Bikin Langsing

 

Gangguan pencernaan juga dapat timbul akibat mengonsumsi gorengan. Gejalanya adalah perut atau lambung yang terasa tidak nyaman.

 

Gangguan perut atau lambung ini bukan masalah kesehatan yang serius dan sangat umum dialami oleh banyak orang. Yang perlu diperhatikan, jika Anda mengunyah makanan dengan baik, maka makanan menjadi mudah dicerna dan dapat mengurangi masalah pada perut dan lambung.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline