Aktual, Independen dan Terpercaya


Kader HMI Makassar Hanya Bisa Bikin Ricuh di Kongres

Logo-HMI.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Skorsing sidang hingga waktu yang tak ditentukan terjadi akibat rusuhnya pelaksanaan Pleno IV Jumat (4/12/2015) dini hari tadi. Kerusuhan terjadi ketika forum membahas ketentuan personalia PB HMI yang tinggal menunggu disahkan oleh presidium sidang.

 

Sidang dipimpin Boby Irtanto, kader HMI Pekanbaru berubah menjadi ricuh. Pemicunya, lemparan air mineral yang dilempar kader asal Makassar. (Baca Juga: Kandidat Saling Teror Pemilik Suara di Kongres HMI

 

Lemparan ini kemudian berakibat pada penyerangan presidium sidang oleh beberapa orang kader berasal dari tribun penonton dan sebagian peserta.

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID di lapangan pihak pertama kali menyerang diidentifikasi merupakan kader asal Makassar. Kepolisian juga mengatakan hal sama.

 

Menurut beberapa petugas kepolisian yang menjadi intel selama sidang berlangsung, ulah kader asal Makassar inilah pemicu tawuran hingga ke Jalan Jenderal Sudirman. (Klik Juga: Uang Panitia Sudah Habis, Peserta Kongres HMI Sewa Kontrakan

 

"Sejak awal itu memang kader Makassar kerjanya bikin ribut saja. Kita juga tak tahu apa gunanya mereka melakukan hal tersebut. Tapi yang jelas kawan-kawan juga lihat sendiri kalau pertama kali menyerang itu orang-orang dari Makassar,"ujar Arif, kader asal Maluku sempat baku-hantam dengan kader asal Makassar.

 

Polisi mengidentifikasi pelaku provokator pertama kali yang melemparkan air mineral dan kursi pertama kali yang berasal dari kader Makassar.

 

"Mana anak yang pakai baju hijau dengan rambut pirangnya itu? Dia tadi ada di barisan kalian kan. Dia yang pertama kali buat rusuh ini. Dia yang lempar aqua dan kursi itu sehingga kena kohati. Mana dia?" ujar seorang petugas menginterogasi kader asal Makassar yang tertahan di dalam arena Gelanggang Remaja.

 

Namun tak ada satupun yang membalas dan menanggapi hal tersebut. Kader tersisa di dalam hanya mengatakan, anggota HMI dimaksud tersebut sudah pergi pertama kali lewat pintu belakang ketika kerusuhan terjadi. (Lihat Juga: Kader HMI Makassar Pukul Kader Ambon Pakai Kursi

 

"Dia sudah keluar pertama kali Pak waktu rusuh masih terjadi di dalam. Kita tak tahu dimana dia sekarang," jawab salah satu kader dengan muka was-was.

 

Silakan ikuti terus dinamika Kongres HMI di Pekanbaru dengan klik di sini

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline