Aktual, Independen dan Terpercaya


Lorenzo Disebut Memang Pantas Juara, Ini Buktinya

Lorenzo.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Keberhasilan Jorge Lorenzo merebut gelar juara dunia MotoGP 2015 di seri terakhir telah menuai sejumlah kritikan. Pasalnya pebalap asal Spanyol itu dianggap mendapatkan bantuan dari rekan senegaranya dari tim Repsol Honda, Marc Marquez.

 

Marquez dianggap membantu Lorenzo dengan mengamankan posisi pebalap Movistar Yamaha itu dari kejaran rekan setim sekaligus rival dalam perburuan gelar juara, Valentino Rossi.

 

Peran Marquez yang dituding telah dilakukan sejak tiga seri terakhir itu membuat sejumlah pihak menyebut Lorenzo tak pantas merebut gelar juara dunia tahun ini. (klik: Lorenzo: Tahun Ini Kesempatan Terakhir Rossi Juara Dunia)

 

Namun, usai mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia setelah memenangi balap di Valencia, Lorenzo mengklaim dirinya pantas merebut gelar juara dunia. Ia pun menyorot pada statistik yang menunjukkan dirinya lebih layak menjadi pebalap terbaik pada musim ini.

 

"Saya pikir saya benar-benar pantas mendapatkan gelar juara dunia karena Anda dapat melihat statistik, saya mengalahkannya (Rossi) di segala bidang," ujar Lorenzo seperti dilansir Fox Sports. Sebagaimana dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari laman CNN Indonesia.

 

"Baik dari segi kemenangan, posisi pole, lap tercepat, hingga memimpin balapan, maupun memimpin di sesi latihan." (LIHAT: Dituduh Konspirasi, Ini Pembelaan Marquez)

 

Pernyataan Lorenzo itu memang terdengar menyakitkan bagi pendukung Rossi. Namun, angka tidak bisa berbohong. Jika mengacu pada statistik, Lorenzo memang terlihat lebih baik daripada Rossi pada musim ini.

 

Sepanjang 2015, Lorenzo telah memenangkan tujuh seri balapan, jauh mengungguli Rossi yang hanya memenangkan empat seri balapan. Lorenzo juga mampu memimpin di depan pada 274 lap, jauh lebih banyak dibanding Rossi yang hanya berada di posisi terdepan sebanyak 50 lap.

 

Lorenzo juga lebih dominan di sesi kualifikasi yang dibuktikan dengan lima posisi pole yang telah diraih pebalap berusia 28 tahun tersebut. Sedangkan Rossi hanya satu kali meraih posisi pole pada musim ini.

 

Satu-satunya yang menjadi keistimewaan Rossi adalah ia konsisten berada di podium hingga seri ke-12. Dari 18 seri balap musim ini, Rossi total berada di podium sebanyak 15 kali. Sementara itu Lorenzo berada di podium sebanyak 12 kali. (BACA: Lorenzo Akhirnya Mengaku Dibantu Marquez dan Pedrosa)

 

Selain di peringkat pertama, Lorenzo berada di podium kedua sebanyak tiga kali, dan dua kali di podium ketiga. Adapun Rossi berada di podium kedua sebanyak tiga kali, dan di podium ketiga sebanyak delapan kali

 

Simak berita MotoGp lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline