Sekarang Puncak Musim Hujan di Riau, Januari Kembali Kemarau

Hujan-Turun-di-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Saat ini Provinsi Riau tengah berada pada puncak musim hujan. Januari atau Februari, Riau akan kembali kemarau. Demikian dikatakan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya, Senin (9/11/2015)

 

Menurut BMKG, di wilayah Sumatera dan Aceh sekarang sudah merupakan puncak musim hujan. "Untuk daerah Riau, akan mulai masuk musim kemarau lagi pada Januari atau Februari," katanya. (BACA JUGA: 58 Titik Panas Sumatera, Riau Bakal Hujan)

 

Di sisi lain, sebagian besar daerah Jawa akan mengalami puncak musim hujan pada Januari hingga Februari. Sementara Papua akan mengalami puncak musim hujan pada Februari hingga Maret.

 

Menurut Andi, hujan menjadi lebih sulit diprediksi di masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang. Untuk mencegah terjadinya banjir, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya, menyarankan agar pemerintah daerah memperhatikan kelancaran aliran air terutama di sungai-sungai. (BACA: 4 Sektor Ekonomi Ini Menjerit Akibat Asap Riau)

 

"Pada masa transisi ini, hujan jadi lebih sulit diprediksi. Misalnya, seperti kemarin itu, intensitasnya ternyata tinggi dan diikuti petir serta angin kencang," kata Andi seperti dikutip dari laman CNN Indonesia, Selasa (10/11/2015).

 

Andi mengingatkan, kemungkinan banjir tidak hanya berdasarkan curah hujan. "Banjir atau tidak juga sangat bergantung pada daya serap permukaan. Selain itu harus dipastikan juga apakah aliran air lancar atau tidak," katanya.

 

Andi mengatakan di kota-kota besar, daya serap air sudah sangat rendah. Oleh karena itu, sekarang pemerintah daerah diharapkan memberatkan fokus ke aliran air.

 

"Bila aliran air terhambat, misalnya sungai sempit, mala potensi banjir akan lebih besar dibandingkan sebelumnya," tandas Andi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline