Aktual, Independen dan Terpercaya


Riki: Terima Rp 150 Juta, Johar Sebut Ini Kurang Rp 5 Juta

Saksi-Suap-APBD-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kesaksian Anggota DPRD Riau asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Riki Hariansyah, membuka tabir aliran suap Rancangan APBD Perubahan 2014 dan APBD 2015 pada persidangan dengan terdakwa Politisi PAN, Kirjuhari, Kamis (29/10/2015).

 

Dari kesaksiaan tersebut, Riki blak-blakan mengatakan Ketua DPRD Riau 2009-2015, Johar Firdaus menerima uang Rp 150 juta. Uang tersebut diberikan Riki usai menerimanya dari terdakwa Kirjuhari. (Baca Juga: Majelis Hakim Bentak Zaini, Baik Sekali Anda, Jangan Polos)

 

"Johar awalnya minta Rp 200 juta. Namun Kirjuhari menyerahkan bungkusan ke saya dua buah. Satu untuk Pak Johar dan satu lagi buat saya," jawab Riki, saat menceritakan apa dialaminya ketika diberondong pertanyaan dari JPU KPK, Arin Karniasari.

 

Pemberian tersebut, tutur Riki, terjadi Senin, 8 September 2015 malam, di rumah pribadi Johar Firdaus. Sebelumnya, Senin sore, Riki dan Kirjuhari bertemu di sebuah kedai empek-empek Jalan Sumatera.

 

Di sini, Riki mengoret-oret nama-nama anggota DPRD akan menerima uang telah dikumpulkan Gubernur Riau Non-aktif, Annas Maamun, Rp 900 juta. (Klik Juga: Atuk Annas Saksikan Uang Suap Diserah)

 

Usai serahkan nama-nama yang dioret-oret Riki tersebut, ia dan Kirjuhari kemudian meluncur ke Cafe Lick and Latte karena sudah janjian bertemu Johar Firdaus. Namun, itu tak terjadi, karena usai ditelepon ponsel Ketua DPRD Riau tersebut sibuk. (Lihat Juga: Baru Dua Hari Ini Saya Non-job Pak Hakim)

 

"Malam harinya, saya ke rumah Pak Johar, usai dari Lick and Latte dan pulang ke rumah untuk mandi serta Salat Maghrib. Untuk Pak Johar, ia langsung menghitungnya setelah mengatakan, tunggu. Usai saya serahkan, Pak Johar bilang kurang Rp 5 juta dari uang yang diterima Rp 150 juta," kata Riki sambil diiringi suara riuh di ruang Sidang Utama PN Pekanbaru. (Lihat Juga: Baru Dua Hari Ini Saya Non-Job Pak Hakim

 

Saat ditanyakan Jaksa Arin Karniasari, darimana ia tahu, itu uang untuk Johar Firdaus dan dirinya? "Tandanya sebelah kanan dan sebelah kiri. Kirjuhari juga katakan, untuk Pak Johar Rp 155 juta," kata Riki.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline