Aktual, Independen dan Terpercaya


Rumah Tabrani Rab Bakal Dibuka Untuk Posko Pengobatan

deklarasi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Zuhdy)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kediaman tokoh Riau Tabrani Rab akan dijadikan tempat evakuasi dan perawatan bagi korban asap Riau yang telah terjadi beberapa bulan terakhir ini.

 

Rumah salah satu tokoh pencetus Gerakan Rakyat Riau Berdaulat pada tahun 2000 lalu ini berada di Jalan Pattimura, tepat depan Kantor Badan Pusat Statistik Riau. (KLIK: Titik Panas Menyusut, Jarak Pandang di Riau 5000 Meter)

 

Menurut Susiana Tabrani - putri Tabrani Rab, rumah yang dijadikan posko ini dapat dijadikan tempat berlindung bagi anak dan balita serta ibu hamil yang rentan terdampak asap.

 

"Selain nanti disediakan penyarong udara, tempat yang luas ini bisa dijadikan tempat sementara untuk evakuasi," ujar Susi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin (12/10/2015). Seusai deklarasi Riau melawan asap. (LIHAT: Akademisi Deklarasi Gerakan Riau Melawan Asap)

 

Pihaknya akan menyediakan dokter dan seluruh fasilitas medis yang disalurkan dari rumah sakit Tabrani Rab. "Ini adalah bentuk upaya kita dalam melakukan perlawanan sekaligus kepedulian kepada rakyat Riau. Karena menurut kita, posko yang diberikan oleh pemerintah itu tidak efektif karena letaknya yang di pinggir jalan. Jadi asap ya tetap saja terhirup," ungkap akademisi yang aktif dalam gerakan perempuan dan pendidikan Riau ini.

 

Pembukaan posko evakuasi tersebut dinilai terkesan telat, Susi menyebut alasannya lantaran butuh persiapan yang matang dan cukup untuk membuka posko kesehatan. "Kita juga akan bekerja sama dengan fakultas kedokteran yang ada di Universitas Riau dan Abdurrab supaya lebih banyak tenaga relawan nantinya," tandasnya.