Cukup Tahun Ini Terima Zakat

Logo-LAZISMu.jpg
(INTERNET)

Laporan : Yola Ristania Vidiani

 

RIAUONLINE, PEKANBARU – Ramadan ini, Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah Muhammadiyah (LAZISMu) meluncurkan program unggulan diberi nama Program Kemandirian Umat (PKU)

 

“Zakat diambil dari orang-orang yang berlebihan rezeki, kemudian dikumpulkan untuk program pembinaan dalam bantuan ekonomi. Kita bina agar nantinya mereka yang kemarin menerima, di tahun berikutnya ikut menjadi pembayar zakat” ujar Staf LAZISMu, Mira Anggelia, Senin (29/6/2015), kepada RIAUONLINE.CO.ID.


PKU ini, tutur Mira, diangkat berdasarkan manfaat zakat sebagaimana tertulis dalam Alquran pada Surat At-Taubah ayat 103 menjelaskan, Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.

 

"Program tersebut bertujuan untuk mensejahterakan umat dengan memberi bantuan ekonomi diambil dari zakat telah dikumpulkan oleh LAZISMu. Kemudian disalurkan kepada masyarakat ekonomi lemah," jelasnya. 

 

Selain program kemandirian umat, LAZISMu juga memiliki program lainnya, di antaranya Program Bina Pendidikan (BIDIK), Sosial dan Dakwah (SIDAK), Berbagi Sehat dan Gizi (BERSIH) dan program Pondok Tahfidz LAZISMu (Pekadaran Ulama Qurani).