Yuk, Katakan Selamat Tinggal Pada BBM!

BBM.jpg
(Istimewa/ Internet)

 

RIAU ONLINE - Aplikasi pesan instan digital berebasis data internet di era tahun 2000-an, Blackberry Messenger (BBM) resmi menghentikan layanannya di Indonesia.

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) selaku pemegang lisensi aplikasi pesan instan di Indonesia memutuskan untuk menghentikan layanannya per tanggal 31 Mei 2019 mendatang.

"Time to Say GOOD BYE," demikian pesan resmi yang disampaikan pihak BBM kepada para penggunanya dikutip dari suara.com, Kamis, 18 April 2019.

Disinyalir ini semua karena BBM sudah tidak diminati karena kurangnya inovasi. Ditinggalkan oleh penggunanya yang beralih ke WhatsApp.


Dengan jumlah pengguna yang kian menurun, Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Ltd) menandatangani perjanjian lisensi BBM konsumen dengan Blackberry Limited untuk mengoperasikan layanan pesan BBM Consumer Cross Platform pada tahun 2016.

Hasilnya, sebanyak 99 persen saham CMW Pte Ltd menjadi milik Media PT Kreatif Media Karya (KMK) yang kini bertransformasi menjadi EMTEK.

Sedangkan CWM Pte Ltd memutuskan untuk menutup kantornya di Kanada, Dubai dan Singapura pada akhir 2018. Layanan operasional BBM pun hanya terkonsentrasi di wilayah Indonesia, dengan EMTEK sebagai pemegang kendali.

Dan akhirnya EMTEK sendiri juga menyerah untuk selama-lamanya pada 31 Mei mendatang.

Tulisan ini pertama tayang di suara.com dengan judul Ucapkan Selamat Tinggal BBM!