OAG Sebut Bandara Soetta Ungguli Changi Di Singapura

Bandara-Soetta.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

 

RIAU ONLINE - Industri penerbangan global, OAG membeberkan hasil riset mereka soal ketepatan waktu dari Bandara Soekarno-Hatta.

OAG merupakan perusahaan terkemuka dunia berbasis di inggris yang menyediakan informasi penerbangan digital, intelijen dan analitik untuk bandara, maskapai penerbangan dan perusahaan teknologi perjalanan.

Bandara ini dinilai memiliki ketepatan waktu (on time performance/OTP) mencapai 93,8 persen unggul dari Bandara Changi, Singapura.

Catatan ini mereka lakukan untuk bulan Februari 2019 silam. Alhasil, Soekarno-Hatta berada di Top 25 bandara dengan OTP terbaik.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa ini semua karena terintegrasinya sistem dan didukung oleh teknologi informasi yang mempuni hadir sejak tahun 2017.

"Sejak 2017, Soekarno-Hatta memiliki pos komando terintegrasi yang disebut dengan Airport Operation Control Center atau AOCC, di mana ini adalah hasil kolaborasi dari Airport Operator, Airline Operator," kata Awaluddin dikutip dari liputan6.com, Minggu, 7 April 2019.

"Juga terintegrasi dengan Air Navigationdan Authorities seperti Karantina, Bea Cukai, Imigrasi, Kepolisian, dan lain sebagainya," sebutnya kembali.

OAG juga mencatat bahwa di antara Top 100 bandara dengan OTP terbaik, jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta merupakan yang paling banyak kedua mencapai 16.093 penerbangan pada Februari 2019.

Bandara dengan penerbangan paling banyak pertama adalah Changi di Singapura yakni 16.393 penerbangan, namun tingkat OTP 90,4 persen atau masih di bawah Soekarno-Hatta.

Tulisan ini pertama terbit di liputan6.com dengan judul Kalahkan Changi, Bandara Soetta Catatkan Ketepatan Waktu Terbang 93,8 Persen