Aktual, Independen dan Terpercaya


Tumbangkan Duo Jerman. Ahsan/Hendra Raih Satu Tiket Semifinal All England

AhsanHendra.jpg
(ISTIMEWA/BERITASATU.COM)

 

RIAU ONLINE - Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses melangkah ke babak semifinal All England setelah mengalahkan ganda putra asal Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel.

Bermain di Court 2 Arena Birmingham, Inggris, Jumat, 8 Maret 2019 ganda putra kawakan ini menang dua gim langsung, 21-12 dan 21-13.

Smes Hendra di depan net membuka keunggulan Indonesia atas pasangan Jerman itu, tapi dua smes dari Seidel membalikkan skor menjadi 2-1.

Lamsfuss/Seidel yang punya keunggulan tinggi badan memanfaatkan smes sebagai serangan menembus pertahanan Ahsan/Hendra, mereka unggul 3-2 dari skema ini.

Selain itu, jangkuan tangan yang lebih panjang dari Jerman ini juga memberi mereka keuntungan lantaran permainan depan net kerap mereka menangi.

Namun, Indonesia tak kehabisan akal. Lewat drop shot menyilang dan pukulan tipuan, membalikkan keadaan menjadi 7-4.

Kematangan Ahsan/Hendra terlihat ketika mengatasi permainan agresif Lamsfuss/Seidel. Pukulan-pukulan smes dikembalikan dengan ciamik ke sudut lapangan sehingga sulit dijangkau.

Setelah unggul 10-5, Ahsan/Hendra menutup interval dengan skor 11-5. Intensitas eror yang cukup sering dilakukan Lamsfuss/Seidel juga menguntungkan Ahsan/Hendra.

Berkali-kali pengembalian pasangan Jerman keluar dan skor menjauh jadi 15-8. Flick service yang coba diperagakan Lamsfuss/Siedel juga tak mempan, kalau tidak keluar, shuttlecock langsung disambar smes oleh Hendra.

Gim pertama dimenangi Ahsan/Hendra dengan skor 21-12. Memasuki gim ke-dua, permainan Lamsfuss/Seidel sedikit berbeda. Mereka intens menyerang dengan smes agar Ahsan/Hendra melakukan kesalahan, unggul 3-1 dengan strategi ini, lalu menjauh 6-3.

Pukulan Hendra yang mentok di net menjauhakn skor jadi 7-3, lalu pengembalian Ahsan yang juga nyangkut di net mengubah skor jadi 8-4.

Untuk mengatasi permainan Lamsfuss/Seidel, Ahsan/Hendra mengajak mereka bermain di depan net. Strategi ini bikin pasangan Jerman kerap eror sehingga skor menjadi imbang 10-10.

Flick service dari Ahsan kemudian membuat pasangan Indonesia berbalik unggul 11-10 saat interval.

Skema pukulan drop shot untuk memancing Lamsfuss/Seidel memberikan pengembalian tanggung berjalan lancar setelah interval, tiga kali smes Ahsan tak bisa dibendung, skor menjadi 14-11.

Tetapi, sempat ditipiskan lagi menjadi 14-13. Keran poin Lamsfuss/Seidel langsung ditahan Ahsan/Hendra dengan meningkatkan intensitas permainan.

Kondisi itu membuat Lamsfuss/Seidel kembali membuat kesalahan sendiri. Setelah mendapat game point di 20-13, Ahsan/Hendra unggul dengan skor 21-13.

Tulisa ini pertama kali tayang di kumparan.com dengan judul Kalahkan Ganda Jerman, Ahsan/Hendra Lolos ke Semifinal All England