4 Produsen Hoaks Surat Suara Ditangkap, Salah Satunya Pentolan Timses Prabowo

HOAX-ILUSTRASI.jpg
(LIPUTAN6.COM)

RIAUONLINE, JAKARTA - Polisi sudah menangkap empat orang yang menjadi tersangka pembuat hoaks surat suara Pemilu 2019 yang sudah dicoblos. Dari empat orang, satu diantaranya diduga pentolan relawan Prabowo-Sandi.

Diduga, pria berinisial B adalah Ketua Umum Dewan Koalisi Relawan Nasional (Kornas) Prabowo Presiden, Bagus Bawana Putra.

Informasi ini dibenarkan oleh sumber CNNIndonesia.com di kepolisian. Menurutnya, sosok tersebut ditangkap di Bekasi, Senin 7 Januari 2019 lalu.

"Ya benar itu yang ditangkap," kata sumber CNNIndonesia.com yang menolak disebutkan namanya saat dikonfirmasi, Selasa 8 Januari 2019.

Terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo hanya membenarkan pihaknya telah menangkap pembuat konten hoaks berisi kabar tujuh kontainer berisi surat suara Pemilu 2019 sudah dicoblos di Tanjung Priok.

Jenderal bintang satu itu belum bersedia memberikan penjelasan secara rinci. Namun, ia berkata bahwa sosok yang ditangkap ini berinisial B.

"Inisial tersangka B, ditangkap di Bekasi saat ini sedang dalam proses pemeriksaan," kata Dedi di Mabes Polri.

Dedi mengatakan informasi rinci terkait penangkapan pembuat konten hoaks itu lebih lanjut akan disampaikan oleh Kepala Bareskrim (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto dan Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal dalam konferensi pers, Rabu 9 Januari 2019 besok.


Bagus merupakan tersangka keempat dalam kasus ini. Sebelumnya, polisi sudah menetapkan tiga tersangka, yakni HY, LS, dan J. Ketiga orang tersebut diduga berperan salam menerima konten hoaks tanpa mengonfirmasi kebenaran isi konten dan langsung menyebarkannya melalui akun Facebook.

Tersangka kemudian menyebarkannya di percakapan grup dalam aplikasi WhatsApp. Meski ditetapkan sebagai tersangka, ketiganya tidak ditahan.

Hoaks kontainer surat suara memancing gaduh publik. Sejumlah elite di dua poros Pilpres saling tuding.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku telah melakukan identifikasi dan penelusuran akun yang menyebarkan hoaks.

Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan hasil identifikasi menunjukkan bahwa hoaks tujuh kontainer surat suara pertama kali muncul pada 1 Januari 2019 pukul 23.35 WIB lewat media sosial.

Selanjutnya, informasi mengenai tujuh kontainer surat suara yang belum tercoblos tersebar ke sejumlah akun. Kemkominfo sendiri telah menyerahkan hasil identifikasi dan temuan analisis dari Mesin AIS Sub Direktorat Pengendalian Ditjen Aptika ke pihak Bareskrim Polri pada Kamis 3 Januari 2019 pukul 15.00 WIB.

CNNIndonesia.com masih mencoba menghubungi pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengklarifikasi informasi hal ini.

Tulisan ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul "Pentolan Relawan Prabowo Diduga Pembuat Hoaks Surat Suara"

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id